Tuesday, 8 Rabiul Awwal 1444 / 04 October 2022

Tuesday, 8 Rabiul Awwal 1444 / 04 October 2022

 

8 Rabiul Awwal 1444
  • JELANG HUT BHAYANGKARA KE-76,< POLRI MENGADAKAN LOMBA MENEMBAK PATI TNI-POLRI BERSAMA INSAN PERS 10-11 JUNI 2022 DI BRIMOB KELAPA DUA
...

Kemeriahan Penonton, Selebritas, Prokes, dan Keseruan IBL 2022

Ahad 16 Jan 2022 23:43 WIB

Rep: Fitriyanto/ Red: Endro Yuwanto

Pebasket Satria Muda Pertamina Elijah Johad Foster (kiri) dan pebasket Pelita Jaya Bakrie Govinda Julian Saputra (kanan) berebut bola saat bertanding pada laga pembuka Indonesian Basketball League (IBL) 2022, di Hall Basket Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Sabtu (15/1/2022). Pelita Jaya Bakrie menang atas Satria Muda Pertamina dengan skor 69-65.

Pebasket Satria Muda Pertamina Elijah Johad Foster (kiri) dan pebasket Pelita Jaya Bakrie Govinda Julian Saputra (kanan) berebut bola saat bertanding pada laga pembuka Indonesian Basketball League (IBL) 2022, di Hall Basket Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Sabtu (15/1/2022). Pelita Jaya Bakrie menang atas Satria Muda Pertamina dengan skor 69-65.

Foto: ANTARA/Dhemas Reviyanto
Sejumlah selebriti hadir langsung di lapangan basket untuk memberikan dukungan.

REPUBLIKA.CO.ID, Hampir dua tahun lalu, tepatnya 13 Maret 2020, usai Shalat Jumat. Manajemen Indonesian Basketball League (IBL) mengambil keputusan yang teramat pahit bagi pecinta bola basket tanah air, yakni penghentian sementara liga basket tertinggi di Indonesia itu dalam waktu yang tak ditentukan.

 

Penghentian IBL 2020 yang akan memasuki Seri VII di GOR Bimasakti Malang, 13-15 Maret 2020 lalu, dilakukan karena virus korona yang makin menyebar di Indonesia. Ketika itu total, ada 69 orang Indonesia yang positif terkena virus korona, setelah pertama kali diumumkan pemerintah sebulan sebelumnya.

Baca Juga

"Pukul 13.30 WIB tadi kami sampaikan jika IBL ditunda sampai batas waktu yang belum ditentukan. Keputusan ini diambil demi kepentingan bersama. Yakni menjaga keselamatan seluruh pihak yang terkait dalam kompetisi," kata Direktur Utama IBL, Junas Miradiarsyah, saat itu.

Sejak saat itu pencinta bola basket di tanah air tidak bisa lagi menyaksikan para pemain idolanya langsung di lapangan. Karena liga basket IBL musim lalu digelar dengan sistem bubble terpusat alias digelar di satu lokasi tanpa kehadiran penonton. Otomatis fan hanya bisa nonton di layar kaca.

Hampir dua tahun berselang, dengan mengantongi izin dari pihak yang berwenang, IBL Tokopedia 2022 yang mulai digelar Sabtu (15/1) di Gedung Basket Senayan Jakarta diperbolehkan menghadirkan penonton dalam jumlah yang terbatas. Tentu dengan penerapan protokol kesehatan (prokes) yang ketat.

Sebagai tanda terima kasih terhadap tenaga kesehatan, pada acara pembukaan, Sabtu (15/1) malam, IBL memutarkan perjuangan dan menghadirkan sejumlah tenaga medis tersebut dan menghaturkan terima kasih atas kerja kerasnya dalam berperang menekan penyebaran virus korona di Indonesia. Sehingga kini IBL kembali dengan penonton.

Selain prokes ketat penonton di lapangan, IBL juga memberikan sejumlah persyaratan khusus sebelum penonton dipastikan membeli tiket. Antara lain sudah vaksin lengkap, batas usia minimal dan maksimal, tidak ada penyakit komorbid, dan menyertakan hasil tes antigen negatif. Ini juga berlaku bagi media peliput termasuk Republika.co.id.

Karena kondisi masih belum bebas pandemi, jumlah penonton di Seri I ini dibatasi maksimal 20 persen dari kapasitas atau hanya 500 penonton dari total 2.400-an tempat duduk. Selama laga, penonton tidak diperkenankan makan di dalam gedung pertandingan serta wajib menggunakan masker. Ini menjadi bagian dari prokes ketat IBL.

Manajemen IBL juga melakukan terobosan baru dalam penjualan tiket. Jika di musim-musim sebelumnya IBL hanya menjual tiket harian yang bisa untuk menyaksikan seluruh laga hari itu, maka kali ini ada pilihan membeli satu tiket hanya untuk satu pertandingan. Tetapi IBL juga masih menjual tiket terusan harian.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

f

 

 

BERITA LAINNYA

 

 

hide ads show ads
desktop mobile