Senin 17 Jan 2022 06:43 WIB

Bacaan Ayat Kursi Arab, Latin, dan Terjemahan: Keutamaan dan Manfaatnya

Sempatkan membaca ayat Kursi setelah sholat.

Rep: Mabruroh/ Red: Ani Nursalikah
Ilustrasi Membaca Alquran. Bacaan Ayat Kursi Arab, Latin, dan Terjemahan: Keutamaan dan Manfaatnya
Foto: AP /Amr Nabil
Ilustrasi Membaca Alquran. Bacaan Ayat Kursi Arab, Latin, dan Terjemahan: Keutamaan dan Manfaatnya

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ayat kursi merupakan ayat ke-255 dari surat Al Baqarah. Dalam sejumlah hadits disebutkan ayat kursi memiliki banyak keistimewaan dan keutamaan di dalamnya.

Bacaan ayat Kursi

ٱللَّهُ لَآ إِلَٰهَ إِلَّا هُوَ ٱلْحَىُّ ٱلْقَيُّومُ ۚ لَا تَأْخُذُهُۥ سِنَةٌ وَلَا نَوْمٌ ۚ لَّهُۥ مَا فِى ٱلسَّمَٰوَٰتِ وَمَا فِى ٱلْأَرْضِ ۗ مَن ذَا ٱلَّذِى يَشْفَعُ عِندَهُۥٓ إِلَّا بِإِذْنِهِۦ ۚ يَعْلَمُ مَا بَيْنَ أَيْدِيهِمْ وَمَا خَلْفَهُمْ ۖ وَلَا يُحِيطُونَ بِشَىْءٍ مِّنْ عِلْمِهِۦٓ إِلَّا بِمَا شَآءَ ۚ وَسِعَ كُرْسِيُّهُ ٱلسَّمَٰوَٰتِ وَٱلْأَرْضَ ۖ وَلَا يَـُٔودُهُۥ حِفْظُهُمَا ۚ وَهُوَ ٱلْعَلِىُّ ٱلْعَظِيمُ

Baca Juga

Allahu laa ilaaha illaa huw al-hayyul qayyuum. Laa ta’ khuzuhu sinatuw wa laa na’um, lahuu maa fisamaawaati wa maa fil-ard, man zallazi yasyfa’u ‘indahuu illaa bi iznih, ya’lamu maa baina aidiihim wa maa khalfahum, wa laa yuhiituna bisyai im min ‘ilmihii illaa bimaa syaa wasi’a kursiyyuhus samaawaati wal-ard, wa laa ya ‘uduhu hifzuhumaa wa huwal-‘aliyyul-‘aziim.

Artinya:

“Allah, tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) melainkan Dia Yang Hidup kekal lagi terus menerus mengurus (makhluk-Nya); tidak mengantuk dan tidak tidur. Kepunyaan-Nya apa yang di langit dan di bumi. Tiada yang dapat memberi syafa'at di sisi Allah tanpa izin-Nya? Allah mengetahui apa-apa yang di hadapan mereka dan di belakang mereka, dan mereka tidak mengetahui apa-apa dari ilmu Allah melainkan apa yang dikehendaki-Nya. Kursi Allah meliputi langit dan bumi. Dan Allah tidak merasa berat memelihara keduanya, dan Allah Maha Tinggi lagi Maha Besar.”

Keutamaan dan manfaat membaca ayat Kursi

Syekh Ali Jaber dalam kajiannya pernah mengatakan membaca ayat kursi setelah sholat dapat membawa kebaikan-kebaikan. Bahkan dalam sebuah hadits, Rasulullah mengatakan siapapun yang istiamah membaca ayat kursi usai sholat, maka surga adalah jaminannya.

“Man qara-a ayatal-kursiyyi dubura kulli shalatin maktubah, lima yamana’hu min dukhulil-jannati illa an yamut,”.

Yang artinya, “Barang siapa yang membaca ayat kursi setiap selesai sholat fardhu, maka tidak ada yang dapat menghalanginya untuk masuk surga kecuali kematian,”.

Klik di sini untuk membaca Surat Al Baqarah

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement