Selasa 18 Jan 2022 02:56 WIB

Rumah Literasi Sregep Sinau Gelar Pelatihan Membatik

Salah satu tujuan pelatihan adalah untuk menstimulus kemampuan anak dalam menghasilka

Red: Hiru Muhammad
Rumah Zakat melalui Rumah Literasi Sregep Sinau Desa Kedungumpul bekerja sama dengan Batik Latifah menggelar pelatihan membatik untuk anak, Minggu (9/1/2022).
Foto: istimewa
Rumah Zakat melalui Rumah Literasi Sregep Sinau Desa Kedungumpul bekerja sama dengan Batik Latifah menggelar pelatihan membatik untuk anak, Minggu (9/1/2022).

REPUBLIKA.CO.ID, TEMANGGUNG - Rumah Zakat melalui Rumah Literasi Sregep Sinau Desa Kedungumpul bekerja sama dengan Batik Latifah menggelar pelatihan membatik untuk anak, Minggu (9/1/2022). Peserta pelatihan terdiri atas anak-anak binaan Rumah Literasi Sregep Sinau dari Dusun Ngumpul, Desa Kedungumpul, Kecamatan Kandangan.

Fasilitator Rumah Zakat, Muhamad Anantiyo Widodo menyampaikan salah satu tujuan pelatihan adalah untuk menstimulus kemampuan anak dalam menghasilkan karya. Dipilihnya batik karena memberikan tantangan baru sehingga anak-anak diharapkan lebih semangat melakukan nya. “Menggambar akan merangsang berbagai kecerdasan dalam diri anak,” tuturnya.

Baca Juga

Selain itu, ketua Rumah Literasi Sregep Sinau, Dwi Utami menyampaikan kegembiraan yang dirasakan anak-anak saat mengikuti kegiatan. Anak-anak merasa bangga karena bisa menghasilkan karya. “Setiap anak akan membawa pulang hasil karyanya untuk diberikan sebagai hadiah bagi keluarga di rumah,” ungkapnya.

Pelatih batik Latifah, Rasdwika Suryawati menjelaskan bahwa pelatihan membatik disamping digemari juga melestarikan budaya nasional. “Batik harus dikenalkan kepada anak-anak agar dapat diteruskan dengan berbagai macam kreasi yang lebih bagus,” paparnya.

Pelatihan membatik yang berlangsung sejak pukul 08.00 berakhir pada pukul 13.30. Direncanakan, pelatihan ini akan diselenggarakan rutin setiap bulan.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement