Wednesday, 17 Syawwal 1443 / 18 May 2022

Wednesday, 17 Syawwal 1443 / 18 May 2022

...

Ini Lima Kiper dengan Penyelamatan Terbanyak Sepanjang 2021

Senin 17 Jan 2022 17:41 WIB

Rep: Eko Supriyadi/ Red: Endro Yuwanto

Penjaga gawang Aston Villa Emiliano Martinez. Martinez masuk daftar lima kiper dengan penyelamatan paling banyak di lima liga top Eropa tahun sepanjang 2021.

Penjaga gawang Aston Villa Emiliano Martinez. Martinez masuk daftar lima kiper dengan penyelamatan paling banyak di lima liga top Eropa tahun sepanjang 2021.

Foto: Catherine Ivill / Pool via AP
Kiper yang bermain untuk tim dengan pertahanan lemah biasanya akan lebih sibuk.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Peran penjaga gawang terus berkembang selama beberapa tahun terakhir. Sebagai posisi yang yang kadang tidak menarik perhatian di lapangan, kiper lebih dari sekadar mencegah bola masuk ke gawang. Sosok seperti Manuel Neuer dan Ederson memiliki definisi lain soal peran seorang kiper.

Kini, kiper diharapkan punya kemampuan yang bagus dengan kedua kakinya. Itu menjadi bonus tambahan jika kiper bisa bertindak sebagai sweeper dan membantu lini belakang untuk maju ke depan dan membuat garis permainan tim tetap tinggi. Kiper nomor satu di Jerman, Manuel Neuer, adalah salah satu kiper yang berperan sebagai sweeper terbaik sepanjang masa.

Baca Juga

Tidak diragukan lagi, tugas utama kiper adalah melakukan penyelamatan dan menjaga gawangnya tetap clean sheet. Peran Alisson dalam kemenangan Liverpool beberapa tahun terakhir menjadi contoh utama signifikansi seorang kiper.

Kiper, yang bermain untuk tim dengan pertahanan yang lemah, biasanya akan lebih sibuk. Penjaga gawang memang tidak akan banyak menjaga clean sheet, tapi akan membuat banyak penyelamatan. Dari catatan itu, ini lima kiper dengan penyelamatan paling banyak di lima liga top Eropa tahun sepanjang 2021 lalu, dikutip dari Sportskeeda, Senin (17/1/2022).

5. Emil Audero (132 kali)

Emil Audero adalah kiper pilihan pertama Sampdoria. Kiper berusia 24 tahun itu melakukan 132 penyelamatan di Serie A Italia tahun lalu. Kiper kelahiran Indonesia tersebut merupakan kunci performa impresif Sampdoria yang finis di peringkat sembilan musim lalu. Ia membuat penyelamatan setiap 28 menit pada 2021.

Meskipun Audero telah melakukan 62 penyelamatan musim ini, tapi Sampdoria sedang kesulitan di liga. Klub yang berbasis di Genoa itu tanpa kemenangan dalam lima laga terakhir, dan hanya berjarak empat poin dari zona degradasi. Sampdoria belum menjaga clean sheet dalam dua bulan terakhir.

4. Łukasz Skorupski (137)

Kiper Serie A lain yang membuat penyelamatan terbanyak tahun lalu adalah Lukasz Skorupski. Kiper Bologna itu melakukan 137 penyelamatan, paling banyak di Serie A, dengan satu penyelamatan tiap 24 menit. Seperti Audero di Sampdoria, Bologna juga punya lini belakang yang kurang bagus.

Sejak masih di Empoli, Skorupski dikenal selalu melakukan penyelamatan dengan kedua tangannya. Dia juga pernah jadi kiper dengan penyelamatan terbanyak di Serie A pada musim 2016/2017.

Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

f
 

BERITA LAINNYA

 
hide ads show ads
desktop mobile