Selasa 18 Jan 2022 11:07 WIB

Beda Agama, Ibu Tionghoa Besarkan Anak Angkat dengan Ajaran Islam

Meski berbeda keyakinan, Chee Hoi Lan tetap besarkan Rohana sebagai Muslim.

Red: Teguh Firmansyah
Media Free Malaysia Todaya mengangkat kisah Rohana dan Chee Hoi Lan. Hubungan keduanya pertama kali diangkat oleh media  Malaysia, Harian Metro Today.
Foto: Tangkapan layar FMT.
Media Free Malaysia Todaya mengangkat kisah Rohana dan Chee Hoi Lan. Hubungan keduanya pertama kali diangkat oleh media Malaysia, Harian Metro Today.

REPUBLIKA.CO.ID, Kisah seorang Rohana Abdullah yang dibesarkan oleh ibu angkatnya, Chee Hoi Lan, menjadi perbincangan hangat di Malaysia. Perdana Menteri Malaysia Ismail Sabri bahkan memberikan perhatian secara khusus melalui akun Instagram-nya.

Cerita Rohana dinilai merupakan simbol toleransi dan keberagaman di Malaysia. Sang ibu yang beretnis Tionghoa membesarkan Rohana sejak usia dua bulan dengan pendidikan agama Islam.

Baca Juga

"Rohana dibesarkan dengan baik dan mendapat didikan agama Islam walaupun berbeda agama dengan ibu angkatnya," tulis Sabri.

Sabri tampak menghubungi langsung Rohana dalam pengurusan dokumen kewarganegaraan. Ia mengontaknya secara langsung saat berada di dalam mobil. "Insya allah, demi masa depan Rohanna, saya akan bantu beliau mendapatkan taraf kewarganegaraan dan kad pengenalan," ujarnya

Tak lupa, Ismail Sabri juga mengucapkan terima kasih kepada Chee Hoi Lan yang menjaga Rohana dengan penuh kasih sayang. "Inilah keluarga Malaysia, keluarga kita."

Kisah hubungan Rohana dan Chee Hoi Lan, berawal dari 20 tahun lalu. Meski masih berstatus lajang, Chee Hoi Lan yang saat itu mengajar sebagai guru taman kanak-kanak, berbesar hati untuk membesarkan Rohana yang ditinggalkan orang tuanya ketika masih dua bulan. Ibu dari Rohana diketahui merupakan seorang warga negara Indonesia.

Rohana (22 tahun) mengatakan, ibunya yang menikah dengan seorang warga Malaysia, sempat mengunjunginya beberapa kali saat ia sedang dalam pengasuhan Chee.  "Namun saat ini saya punya masalah kewarganegaraan, karena ibu saya orang Indonesia, dan ayah saya menghilang ketika waktu kecil. Saya telah mencoba untuk mengajukan kewarganegaraan sejak 2016 sampai sekrang," ujarnya seperti dikutip Free Malaysia Today.

Chee tak menampik ketika membesarkan Rohana, masalah ras dan agama akan muncul. Namun ia memastikan bahwa Rohana tidak akan kekurangan, dan akan dibesarkan sebagai seorang Muslim.

Chee memasukan Rohan ke Kelas Asas Fardu Ain dengan biayanya sendiri. Ia ingin memastikan Rohana mendapatkan ilmu yang cukup tentang agama Islam. "Saya menyayangi seperti anak sendiri. Sejak muda, saya ingin memastikan dia memakan makanan halal dan memenuhi ibadahnya sebagai seorang Muslim," ujarnya.

Chee hanya ingin melihat Rohana menikah dan bahagia sebelum ia meninggal.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement