Selasa 18 Jan 2022 14:54 WIB

Moderna Targetkan Vaksin Kombinasi Covid-Flu-RSV Rampung Akhir 2023

Vaksin Covid, flu, dan RSV buatan Moderna ditargetkan cukup sekali suntik tiap tahun.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Reiny Dwinanda
Vaksin Covid-19 Moderna. Kini, Moderna tengah mengembangkan vaksin kombinasi Covid-19, flu, dan RSV.
Foto: Wihdan Hidayat / Republika
Vaksin Covid-19 Moderna. Kini, Moderna tengah mengembangkan vaksin kombinasi Covid-19, flu, dan RSV.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Perusahaan farmasi asal Amerika Serikat, Moderna Inc, berencana meluncurkan vaksin booster kombinasi Covid-flu-RSV. Vaksin single untuk melawan Covid-19, flu, dan virus penyebab infeksi di saluran napas dan paru (RSV) tersebut ditargetkan selesai pada akhir 2023.

Dalam pengumuman resminya, Senin (17/1/2022), Moderna berharap vaksin kombinasi ini bisa menjadi solusi bagi masyarakat yang malas mendapatkan vaksin suntikan pertama, kedua, atau bahkan ketiga dalam jarak dekat. Dosis vaksin ini cukup sekali suntik setiap tahun.

Baca Juga

"Skenario kasus terbaik adalah musim gugur 2023. Tujuan kami bisa merampungkan single booster sehingga kita bisa keluar dari masalah kepatuhan, di mana warga tidak perlu pergi mendapatkan dua hingga tiga suntikan di musim dingin. Tetapi cukup mendapatkan satu dosis,” kata Kepala Eksekutif Moderna, Stephane Bancel, seperti dilansir Channel News Asia, Selasa (18/1/2022).

Meski demikian, menurut Bancel, pada akhir 2023 jumlah vaksin kombinasi ini hanya tersedia dalam jumlah terbatas. Karenanya, dosis vaksin hanya akan tersedia di beberapa negara bagian.

"Kami optimistis bisa mencukupi semua kebutuhan dosis vaksin kombinasi untuk semua negara di tahun depannya (2024)," kata dia.

Bancel mengatakan, program RSV sedang dalam uji coba Fase III, yaitu tahap akhir pengujian manusia. Begitupun program flu memasuki Fase III pada kuartal kedua tahun ini.

Suntikan flu eksperimental Moderna, yang menargetkan empat varian virus utama, didasarkan pada metode mRNA yang sama yang digunakan dalam vaksin Covid-19. Teknologi ini memicu respons imun dengan mengirimkan molekul genetik yang mengandung kode untuk bagian-bagian penting dari patogen ke dalam sel manusia.

Sementara vaksin Covid-19 Moderna didasarkan pada jenis virus asli, vaksin itu sedang bekerja untuk menyelesaikan dosis khusus Omicron dalam beberapa pekan sebelum uji coba.

"Kami berharap dalam jangka waktu Maret kami harus dapat memiliki data untuk dibagikan dengan regulator untuk mengetahui langkah maju selanjutnya," kata Bancel.

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
وَجَاهِدُوْا فِى اللّٰهِ حَقَّ جِهَادِهٖۗ هُوَ اجْتَبٰىكُمْ وَمَا جَعَلَ عَلَيْكُمْ فِى الدِّيْنِ مِنْ حَرَجٍۗ مِلَّةَ اَبِيْكُمْ اِبْرٰهِيْمَۗ هُوَ سَمّٰىكُمُ الْمُسْلِمِيْنَ ەۙ مِنْ قَبْلُ وَفِيْ هٰذَا لِيَكُوْنَ الرَّسُوْلُ شَهِيْدًا عَلَيْكُمْ وَتَكُوْنُوْا شُهَدَاۤءَ عَلَى النَّاسِۖ فَاَقِيْمُوا الصَّلٰوةَ وَاٰتُوا الزَّكٰوةَ وَاعْتَصِمُوْا بِاللّٰهِ ۗهُوَ مَوْلٰىكُمْۚ فَنِعْمَ الْمَوْلٰى وَنِعْمَ النَّصِيْرُ ࣖ ۔
Dan berjihadlah kamu di jalan Allah dengan jihad yang sebenar-benarnya. Dia telah memilih kamu, dan Dia tidak menjadikan kesukaran untukmu dalam agama. (Ikutilah) agama nenek moyangmu Ibrahim. Dia (Allah) telah menamakan kamu orang-orang muslim sejak dahulu, dan (begitu pula) dalam (Al-Qur'an) ini, agar Rasul (Muhammad) itu menjadi saksi atas dirimu dan agar kamu semua menjadi saksi atas segenap manusia. Maka laksanakanlah salat; tunaikanlah zakat, dan berpegangteguhlah kepada Allah. Dialah Pelindungmu; Dia sebaik-baik pelindung dan sebaik-baik penolong.

(QS. Al-Hajj ayat 78)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement