Kasus Covid-19 di Bantul Bertambah Lima Orang

Red: Yusuf Assidiq

Virus Covid-19 (ilustrasi)
Virus Covid-19 (ilustrasi) | Foto: Pixabay

REPUBLIKA.CO.ID, BANTUL -- Kasus konfirmasi positif Covid-19 di Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, dalam sehari terakhir tercatat bertambah lima orang. Sehingga total angka kasus positif terpapar secara kumulatif hingga Senin (17/1) menjadi 57.431 orang.

Berdasarkan data Satgas Penanggulangan Covid-19 Bantul yang dipantau di Bantul, tambahan kasus baru terkonfirmasi tersebut semuanya berasal dari Kecamatan Banguntapan.

Dalam periode yang sama untuk kasus konfirmasi Covid-19 yang sembuh tercatat nol orang, sehingga total angka kesembuhan di Bantul dari paparan virus corona masih tetap berjumlah 55.850 orang.

Begitu juga dengan kasus konfirmasi Covid-19 yang meninggal tercatat nol orang atau tidak ada laporan kasus baru, sehingga total kasus kematian di Bantul tetap di angka 1.569 orang.

Dengan demikian jumlah kasus aktif Covid-19 atau pasien yang masih terinfeksi dan menjalani isolasi untuk proses penyembuhan di Bantul per Senin (17/1) menjadi 12 orang, dengan rincian dari Banguntapan enam orang, Sewon lima orang, dan Imogiri satu orang.

Disebutkan pula, terdapat 14 dari total 17 kecamatan se-Bantul yang tercatat nol kasus covid atau tidak ada pasien isolasi yaitu Sedayu, Kasihan, Piyungan, Pajangan, Bantul, Jetis, Pleret, Dlingo, Pandak, Bambanglipuro, Pundong, Srandakan, Sanden, dan Kretek.

Sementara itu, Bupati Bantul Abdul Halim Muslih mengatakan pemkab mulai melakukan kegiatan vaksinasi dosis ke-3 atau booster bagi masyarakat umum yang sudah menjalani vaksinasi dua dosis dengan jeda waktu selama enam bulan setelah vaksinasi dosis ke-dua.

"Semoga dengan ikhtiar kita melalui vaksin booster dan taat prokes, kita dapat segera bebas dari pandemi Covid-19. Karena, meskipun sudah banyak daerah yang dinyatakan hijau, namun kewaspadaan tetap yang utama, apalagi ada varian baru yaitu Omicron," kata dia.

Bupati Bantul mengajak masyarakat bersama memutus rantai penyebaran Covid-19 dengan menerapkan pola hidup bersih dan sehat (PHBS), dan 5M, yaitu memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menghindari kerumunan, serta mengurangi mobilitas.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id

Terkait


PTM 100 Persen Diterapkan, Walikota: Harus Dijaga dengan Benar

Ketum Sapuhi: 30 Persen Anggota Tim Advance Umroh Terpapar Covid-19

Inggris Minta Warga Tinggalkan Masker Jenis Ini Akibat Omicron Meluas

Pemerintah Beli 6 Juta Dosis Vaksin Sinovac

Omicron dan Penutupan Sekolah Meningkat, DKI Lanjutkan PTM

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan DIY, Jawa Tengah & Jawa Timur. Jalan Perahu nomor 4 Kotabaru, Yogyakarta

Phone: +6274566028 (redaksi), +6274544972 (iklan & sirkulasi) , +6274541582 (fax),+628133426333 (layanan pelanggan)

yogya@republika.co.id

Ikuti

× Image
Light Dark