Selasa 18 Jan 2022 19:21 WIB

Gelar Operasi Pasar, 25 Ribu Liter Minyak Goreng Digelontorkan

Operasi pasar itu digelar oleh Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Kota Cirebon.

Rep: Lilis Sri Handayani/ Red: Agus Yulianto
Sekda Kota Cirebon, Agus Mulyadi
Foto: Diskominfo Kota Cirebon
Sekda Kota Cirebon, Agus Mulyadi

REPUBLIKA.CO.ID, CIREBON -- Sebanyak 25 ribu liter minyak goreng digelontorkan dalam operasi pasar di Kota Cirebon. Kegiatan yang berlangsung selama tiga hari mulai Selasa (18/1). Kegiatan itu diharapkan bisa membantu masyarakat maupun pedagang kecil yang membutuhkan minyak goreng dengan harga terjangkau.

Operasi pasar itu digelar oleh Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Kota Cirebon, di lantai 3 gedung Pusat Grosir Cirebon (PGC). Kegiatan dibuka oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Cirebon, Agus Mulyadi. 

"Ini merupakan upaya pemerintah pusat untuk intervensi kenaikan harga minyak goreng. Ada 25 ribu liter yang digelontorkan untuk masyarakat Kota Cirebon," ujar Agus.

Minyak goreng yang dijual dalam operasi pasar tersebut merupakan bantuan dari Kementerian Perdagangan. Minyak goreng dijual seharga Rp 14 ribu per liter, jauh lebih murah dibandingkan minyak goreng yang dijual di pasaran yang mencapai Rp 20 ribu per liter. 

 

photo
Operasi pasar minyak goreng - (Tim infografis Republika)

 

Namun, masyarakat tidak bisa membeli minyak goreng itu secara bebas. Mereka hanya diperbolehkan membeli minyak goreng paling banyak dua liter per orang. Dengan pembatasan itu, diharapkan minyak goreng terjual secara merata.

Agus mengungkapkan, kenaikan harga minyak goreng dan sejumlah komoditas pangan lainnya, seperti telur, ayam ras dan cabai, telah memicu terjadinya kenaikan inflasi di Kota Cirebon. Bahkan, inflasi pada Desember 2021 di Kota Cirebon cukup tinggi dan hanya satu tingkat di bawah Kota Bogor. 

"Inflasi Desember 0,54, lebih tinggi dibandingkan daerah lain, tapi masih dibawah Kota Bogor," ujar Agus.

Sedangkan inflasi tahunan Kota Cirebon mencapai 1,81, atau lebih tinggi dibandingkan inflasi Jabar yang mencapai 1,69. "Jika Januari 2022 tidak kita intervensi, dikhawatirkan inflasi akan melebihi target," tutur Agus.

Pemerintah, lanjut Agus, selalu berupaya untuk menjaga daya beli masyarakat khususnya yang menyangkut kebutuhan pokok. Untuk itu, operasi pasar digelar selama tiga hari di Kota Cirebon.

Selain minyak goreng, sejumlah komoditas yang dijual dalam operasi pasar itu adalah beras, bawang merah, cabai merah, cabai rawit merah, gula dan tepung terigu. Semua komoditas pada operasi pasar itu dijual di bawah harga pasaran.

"Ini merupakan kolaborasi bersama untuk menjaga daya beli masyarakat Kota Cirebon," ucap Agus.

Kepala Dinas Koperasi, Usaha Kecil, Menengah, Perdagangan dan Perindustrian (DKUKMPP) Kota Cirebon, Maharani Dewi, menjelaskan, selain 25 ribu liter minyak goreng yang dijual dalam operasi pasar itu, pihaknya juga mendapatkan bantuan minyak goreng dari Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jabar sebanyak 3.600 liter. Minyak goreng itu akan dijual mulai 27 Januari 2022 di kantor DKUKMPP.

"Peruntukkannya juga untuk masyarakat umum dan dijual seharga Rp 14 ribu per liter," terang Maharani.

Sementara itu, Karina, warga Karyamulya, Kota Cirebon mengaku sengaja datang ke operasi pasar untuk membeli sejumlah komoditas. "Terutama minyak goreng. Soalnya kan lebih murah dibandingkan di pasaran," kata dia.

Karina menyebutkan, minyak goreng di pasaran dijual seharga Rp 20 ribu per liter. Meski senang dengan harganya yang lebih murah, namun dia menyayangkan karena pembeliannya dibatasi hanya dua liter per orang.

Hal senada diungkapkan warga lainnya, Sairoh. Dia mengaku, sangat terbantu dengan adanya operasi pasar tersebut. Dia membeli minyak goreng dan cabai rawit merah.

"Pengennya sih sering-sering ada operasi pasar seperti ini. Jadi bisa meringankan beban masyarakat kecil,’’ tandas Sairoh. 

 

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
وَوَصَّيْنَا الْاِنْسَانَ بِوَالِدَيْهِ اِحْسَانًا ۗحَمَلَتْهُ اُمُّهٗ كُرْهًا وَّوَضَعَتْهُ كُرْهًا ۗوَحَمْلُهٗ وَفِصٰلُهٗ ثَلٰثُوْنَ شَهْرًا ۗحَتّٰىٓ اِذَا بَلَغَ اَشُدَّهٗ وَبَلَغَ اَرْبَعِيْنَ سَنَةًۙ قَالَ رَبِّ اَوْزِعْنِيْٓ اَنْ اَشْكُرَ نِعْمَتَكَ الَّتِيْٓ اَنْعَمْتَ عَلَيَّ وَعَلٰى وَالِدَيَّ وَاَنْ اَعْمَلَ صَالِحًا تَرْضٰىهُ وَاَصْلِحْ لِيْ فِيْ ذُرِّيَّتِيْۗ اِنِّيْ تُبْتُ اِلَيْكَ وَاِنِّيْ مِنَ الْمُسْلِمِيْنَ
Dan Kami perintahkan kepada manusia agar berbuat baik kepada kedua orang tuanya. Ibunya telah mengandungnya dengan susah payah, dan melahirkannya dengan susah payah (pula). Masa mengandung sampai menyapihnya selama tiga puluh bulan, sehingga apabila dia (anak itu) telah dewasa dan umurnya mencapai empat puluh tahun dia berdoa, “Ya Tuhanku, berilah aku petunjuk agar aku dapat mensyukuri nikmat-Mu yang telah Engkau limpahkan kepadaku dan kepada kedua orang tuaku dan agar aku dapat berbuat kebajikan yang Engkau ridai; dan berilah aku kebaikan yang akan mengalir sampai kepada anak cucuku. Sesungguhnya aku bertobat kepada Engkau dan sungguh, aku termasuk orang muslim.”

(QS. Al-Ahqaf ayat 15)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement