Selasa 18 Jan 2022 20:50 WIB

Debut 3 Penggawa Asal Jepang di Glasgow Celtic Sukses Taklukkan Hibernian

Reo Hatate bahkan dinobatkan sebagai pemain terbaik di laga Celtic kontra Hibernian.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Endro Yuwanto
Reo Hatate dari Jepang (tengah) kini membela klub Skotlandia, Glasgow Celtic.
Foto: AP/Martin Mejia
Reo Hatate dari Jepang (tengah) kini membela klub Skotlandia, Glasgow Celtic.

REPUBLIKA.CO.ID, GLASGOW -- Glasgow Celtic sukses membungkam Hibernian, 2-0, dalam laga lanjutan Liga Skotlandia, Senin (17/1/2022) waktu setempat. Kemenangan di Stadion Celtic Park itu tidak terlepas dari penampilan impresif dua rekrutan teranyar Celtic, Daizen Maeda dan Reo Hatate.

Seolah puas dengan performa Kyogo Furuhashi, yang direkrut pada awal musim ini, Celtic kembali merekrut para penggawa asal Jepang pada pertengahan musim. Tidak tanggung-tanggung, runner-up Liga Skotlandia musim lalu itu mendatangkan tiga pemain asal Negara Matahari Terbit itu pada jendela transfer musim dingin kali ini, termasuk Maeda dan Hatate.

Baca Juga

Sementara Maeda dipinjam dari Yokohama Marinos, Hatate didatangkan dengan status kepindahan permanen dari Kawasaki Frontale. Dua pemain ini langsung mendapatkan kesempatan melakoni debutnya buat Celtic di laga kontra Hibernian.

Bahkan, pelatih Celtic, Ange Postecoglou, menurunkan dua pemain ini sebagai starter di laga tersebut. Hasilnya, Maeda mampu membawa Celtic unggul pada menit keempat.

Penyerang berusia 24 tahun itu merobek gawang Hibernian via sepakan kaki kanan dari tepi kotak penalti usai memanfaatkan umpan dari Tomas Rogic. The Hoops akhirnya memastikan kemenangan lewat gol dari titik penalti, yang dieksekusi oleh Josip Juranovic pada menit ke-25.

Performa impresif tidak hanya ditunjukan oleh Maeda di laga debutnya bersama Celtic. Hatate pun mampu menunjukkan penampilan menawan di laga tersebut.

Kendati tidak mencetak gol ataupun menciptakan assist, gelandang serang, yang bisa ditempatkan sebagai winger kiri, itu menjadi motor serangan Celtic di sepanjang laga. Hatate pun dinilai langsung mampu beradaptasi dengan gaya permainan Celtic dan tampil solid dengan Rogic dalam membangun serangan.

Kontribusinya dalam permainan Celtic di laga itu membuat penggawa berusia 24 tahun itu dinobatkan sebagai pemain terbaik di laga tersebut. Secara khusus, Postecoglou memuji penampilan Hatate tersebut.

''Dia akan membuat catatan tersendiri di kariernya. Dia adalah pemain yang berbakat dan memiliki determinasi tinggi. Dia sudah memiliki target untuk bisa tampil di level tertinggi. Kami lega sudah memilikinya di tim ini,'' ujar pelatih asal Australia tersebut seusai laga seperti dilansir BBC, Selasa (18/1/2022).

Selain Maeda dan Hatate, laga ini juga menjadi debut buat Yosuke Ideguchi bersama Celtic. Namun, berbeda dari Maeda dan Hatate, yang tampil sejak menit pertama, Ideguchi baru diturunkan sebagai pemain pengganti pada babak kedua.

Postecoglou pun mengaku tidak ragu dengan kemampuan adaptasi para penggawa asal Jepang tersebut. Selain didukung dengan sambutan positif dari tim pelatih dan rekan-rekan setimnya, lanjut Postecoglou, tiga penggawa asal Jepang juga memiliki kemampuan untuk bisa tampil di kompetisi sepak bola Eropa.

''Saya sudah mengetahui kemampuan Daizen, Reo, ataupun Yosuke. Saya tahu, mereka akan langsung beradaptasi dengan cepat. Terlepas dari dukungan yang diberikan semua pihak di klub ini, mereka adalah pemain yang memiliki kemampuan cukup baik,'' kata Postecoglou.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement