Monday, 22 Syawwal 1443 / 23 May 2022

Monday, 22 Syawwal 1443 / 23 May 2022

Calon KPU-Bawaslu Harus Siap dengan Beban Pemilu 2024

Rabu 19 Jan 2022 09:11 WIB

Rep: Febrianto Adi Saputro/ Red: Agus raharjo

Wakil Ketua Komisi II Saan Mustopa di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Rabu (19/1).

Wakil Ketua Komisi II Saan Mustopa di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Rabu (19/1).

Foto: Republika/Febrianto Adi Saputro
Sejumlah nama komisioner KPU-Bawaslu periode ini lolos seleksi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Komisi II DPR belum menetapkan jadwal fit and proper test calon anggota KPU dan Bawaslu masa jabatan 2022-2027. Wakil Ketua Komisi II DPR, Saan Mustopa, mengatakan keputusan jadwal fit and proper test calon anggota KPU dan Bawaslu masih menunggu penugasan dari pimpinan DPR lewat Bamus.

"Secepatnya kalau memang nanti di bulan ini sudah Bamus dan sudah dikirim ke Komisi II, mungkin pekan pertama Februari kita sudah bisa fit proper test," kata Saan di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (19/1).

Baca Juga

Dirinya mengatakan pimpinan DPR sudah menerima surpres terkait seleksi calon anggota KPU dan Bawaslu pada pekan lalu. Ia berharap calon anggota KPU dan Bawaslu mendatang memiliki kemampuan manajerial kepemiluan yang baik mengingat besarnya beban Pemilu 2024 mendatang.

"Kita ingin dia punya profesional juga dan mampu menguasai teknis kepemiluan. jadi tidak hanya konsep dan sebagainya tapi teknis kepemiluan menjadi sangat penting," ujarnya.

Sejumlah nama calon anggota KPU dan Bawaslu yang lolos proses seleksi oleh TIm Seleksi diisi oleh nama-nama lama seperti Hasyim Asyhari, I Dewa Kade Wiarsa Raka Sandi, Fritz Edward Siregar, dan Rahmat Bagja, Mochamad Afiifuddin, Viryan. Dirinya mengaku tak mempersoalkan hal tersebut.

"Enggak ada masalah periode yang lama maupun yang baru. jadi yang paling penting dia menguasai itu dan tentu faktor integritas. karena tarik-tarikan kepentingan politik di 2024 makin tinggi," tutur Saan.

Untuk diketahui Tim Pansel Calon Anggota KPU-Bawaslu telah menyelesaikan proses seleksi calon anggota KPU dan Bawaslu masa jabatan 2022-2027. Timsel juga telah menyerahkan 14 orang calon anggota KPU dan 10 orang calon anggota Bawaslu ke Presiden pada Kamis (6/1) lalu.

Calon anggota KPU:

August Mellaz, Betty Epsilon Idroos, Dahliah, Hasyim Asy’ari, I Dewa Kade Wiarsa Raka Sandi, Idham Holik, Iffa Rosita, Iwan Rompo Banne, Mochammad Afifuddin, Muchamad Ali Safa’at, Parsadaan Harahap, Viryan, Yessy Yatty Momongan, dan Yulianto Sudrajat.

Calon Anggota Bawaslu:

Aditya Perdana, Andi Tenri Sompa, Fritz Edward Siregar, Herwyn Jefler Hielsa Malonda, Lolly Suhenty, Mardiana Rusli, Puadi, Rahmat Bagja, Subair, dan Totok Hariyono.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

f
 

BERITA LAINNYA

 
hide ads show ads
desktop mobile