Rabu 19 Jan 2022 21:11 WIB

Lima Kandidat Awal Peraih Gelar Juara Piala Dunia 2022

Prancis, Inggris, Spanyol, Argentina, dan Brasil tampil konsisten selama kualifikasi.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Endro Yuwanto
Peresmian jam hitung mundur penyelenggaraan Piala Dunia 2022 Qatar.
Foto: tangkapan layar Youtube FIFA
Peresmian jam hitung mundur penyelenggaraan Piala Dunia 2022 Qatar.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Putaran final Piala Dunia 2022, yang bakal dihelat di Qatar, akan digelar kurang dari setahun lagi. Sebanyak 13 tim nasional telah memastikan satu tempat dalam turnamen yang dimulai pada 21 November 2022 mendatang.

Dalam enam bulan mendatang, 19 tiket tersisa akan diperebutkan berbagai tim dari enam anggota konfederas FIFA. Sejumlah negara-negara adidaya di pentas sepak bola internasional sudah lebih dulu mengamankan tiket di putaran final Piala Dunia 2022.

Baca Juga

Namun, Qatar 2022 agaknya tidak akan diikuti oleh salah satu kampiun di dua edisi terakhir gelaran Euro, Italia dan Portugal. Pasalnya, Italia dan Portugal tergabung dalam bracket yang sama di babak play-off kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Eropa.

Terlepas dari potensinya absennya salah satu dari dua negara raksasa di pentas sepak bola Eropa tersebut, SportsKeeda pada Rabu (19/1/2022) telah melansir daftar kandidat awal peraih titel Piala Dunia 2022. Tim-tim ini dianggap menunjukkan performa impresif dalam sejumlah turnamen terakhir, termasuk di babak kualifikasi Piala Dunia 2022.

Berikut lima tim yang dinilai layak menjadi kandidat awal pemangku gelar juara Piala Dunia 2022.

5. Spanyol

Skuad La Furia Roja mungkin sudah tidak lagi diperkuat oleh barisan pemain saat masih memiliki generasi emas mereka. Namun, performa tim besutan Luis Enrique itu pun terbukti masih mampu bersaing di sejumlah turnamen terakhir. Di Euro 2020, Spanyol sukses melangkah ke babak semifinal. Sedangkan di UEFA Nations League, Spanyol berhasil tampil di partai puncak.

photo
Para pemain timnas Spanyol. - (EPA-EFE/Julio Munoz)

 

 

Performa Spanyol di babak kualifikasi zona Eropa juga tidak terlalu buruk dengan meraih enam kemenangan dari delapan laga. Dari segi barisan pemain, Spanyol memiliki kombinasi pemain muda dan pemain berpengalaman.

Kehadiran Pedri dan Gavi dinilai mewakili kemunculan pemain muda. Kemampuan para pemain muda dilengkapi dengan pengalaman pemain yang lebih senior, seperti Sergio Busquets, Fabian Ruiz, dan Thiago.

Tidak hanya itu, kekuatan Spanyol di setiap lini juga cukup merata. Di lini belakang, Spanyol diperkuat Pau Torres, Jose Gaya, dan Cesar Azpilicueta. Sementara di lini depan, ada Ferran Torres, Alvaro Morata, ataupun Dani Olmo.

4. Argentina

Keberhasilan Albiceleste mengangkat trofi Copa America 2021 sudah cukup menjadi alasan untuk memasukan Lionel Messi dalam daftar ini. Tidak hanya itu, Argentina juga tercatat belum terkalahkan di babak kualifikasi zona CONMEBOL, dengan meraih delapan kemenangan dan lima hasil imbang dari 13 laga.

photo
Timnas Argentina merayakan keberhasilannya meraih juara Copa America 2021 setelah Argentina berhasil mengalahkan Brasil pada laga final Copa America 2021 di Stadion Maracana, Ahad (11/7/2021). - (AP/Bruna Prado)

 

Selain mengandalkan Lionel Messi, yang digadang-gadang bakal melakoni Piala Dunia terakhirnya, Argentina juga diperkuat pemain-pemain kelas dunia. Mulai dari Angel Di Maria, Paulo Dybala, hingga Lautaro Martinez.

Begitu pula kehadiran pemain-pemain yang mulai menyita perhatian publik sepak bola Eropa. Rodrigo De Paul, Guido Rodriguez, Giovani Lo Celso, dan Leandro Paredes memperkaya opsi pemain yang dimiliki oleh pelatih Lionel Scaloni. Belum lagi dengan penampilan impresif yang ditunjukan duet Nicolas Otamendi dan Cristian Romero di jantung pertahanan Albiceleste.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement