Kamis 20 Jan 2022 13:16 WIB

Tampil Menawan Bela MU Kontra Brentford, De Gea Banjir Pujian

Sepanjang babak pertama, De Gea melakukan tiga kali penyelamatan gemilang.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Israr Itah
Kiper Manchester United (MU) David De Gea.
Foto: EPA-EFE/PETER POWELL
Kiper Manchester United (MU) David De Gea.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Manchester United (MU) sukses kembali ke trek kemenangan lewat keberhasilan membungkam Brentford 3-1 pada pekan ke-22 Liga Primer Inggris, Kamis (20/1/2022) dini hari WIB. Kesuksesan United memboyong tiga angka dari kandang Brentford ini dinilai tidak terlepas dari performa impresif David de Gea. 

Kiper asal Spanyol itu menjadi pemain United yang paling menonjol, terutama pada babak pertama dalam laga di Stadion Brentford Community tersebut. Penampilan apik De Gea di bawah mistar gawang menjadi alasan utama MU bisa menutup babak pertama dengan skor 0-0. Sepanjang babak pertama, De Gea melakukan tiga kali penyelamatan gemilang. Total, eks kiper Atletico Madrid itu melakukan tujuh penyelematan gemilang sepanjang laga. 

Baca Juga

Meskipun pada menit ke-85 gawang MU akhirnya kebobolan, kinerja De Gea di laga itu tetap mengundang decak kagum. Pujian pun langsung diungkapkan oleh eks kapten dan bek tengah MU Rio Ferdinand. Berbicara pada pergantian babak saat menjadi komentator laga tersebut, Ferdinand menyebut, MU sebenarnya sudah kebobolan lebih dari dua gol andai bukan karena De Gea yang berada dibawah mistar. 

''Tanpa De Gea, United mungkin sudah kebobolan dua atau tiga gol pada babak pertama. Dia seperti tembok batu yang solid. Sudah beberapa kali rasanya saya duduk di sini dan mengatakan hal yang sama,'' kata Ferdinand. 

Pengakuan terhadap performa impresif De Gea itu pun meluncur dari mulut pelatih Brentford, Thomas Frank. Menurut pelatih asal Denmark itu, MU cukup beruntung tidak kebobolan dua gol pada babak pertama. 

''De Gea menjadi pemain terbaik di skuad Manchester United di laga ini,'' tutur Frank seperti dilansir Sky Sports. 

Ini bukan pertama kalinya De Gea menjadi penyelamat Setan Merah. Saat MU ditahan imbang Aston Villa, 2-2, akhir pekan lalu, jebolan tim junior Atletico Madrid itu juga melakukan tujuh penyelamatan gemilang sepanjang laga. 

Pada musim ini, De Gea terbukti tampil impresif. Sebagai perbandingan, kiper Manchester City, Ederson, diketahui menghadapi 35 tembakan dan kebobolan 13 gol. Sementara De Gea menjadi kiper yang paling sering menghadapi tembakan di pentas Liga Primer Inggris musim ini, yaitu sebanyak 81 tembakan. 

Dengan begitu, United bisa dibilang beruntung memiliki De Gea. Penjaga gawang timnas Spanyol itu mampu diandalkan untuk bisa menjaga gawang United tetap perawan di tengah-tengah kurang maksimalnya performa lini belakang Setan Merah. 

 

Klasemen Premier League Musim 2024
Pos Team Main Menang Seri Kalah Gol -/+ Poin
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement