Kamis 20 Jan 2022 23:21 WIB

Pangsa Pasar Mitsubishi Menjadi 13,2 Persen, Ini Penyebabnya

Xpander mendominasi kontribusi penjualan Mitsubsihi dengan total sekitar 54 ribu unit

Rep: eric iskandarsjah z/ Red: Hiru Muhammad
MMKSI menghadirkan New Xpander Cross untuk pasar Indonesia
Foto: MMKSI
MMKSI menghadirkan New Xpander Cross untuk pasar Indonesia

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Tahun 2021 adalah tahun yang cukup menantang. Karena, pandemi menuntut sejumlah pabrikan untuk mempertahankan pangsa pasar lewat sejumlah strategi.

Hal itu telah dilakukan Mitsubishi dan justru membuat pabrikan Jepang itu mengalami peningkatan pangsa pasar. President Director PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI), Naoya Nakamura mengatakan, sepanjang tahun 2021, MMKSI berhasil mencatat pencapaian penjualan dengan total 104.407 unit.

Baca Juga

Dengan capaian itu, maka market share Mitsubishi naik jadi 13,2 persen. Capaian ini membuat penjualan Mitsubishi naik 90,6 persen dibanding total sales sepanjang 2020."Peningkatan ini bisa terwujud karena adanya diskon pajak. Selain itu, kehadiran New Xpander juga membantu kami dalam mencapai angka tersebut," kata Naoya Nakamura dalam keterangan pers, Kamis (20/1).

Berdasar data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (GAIKINDO), Xpander mendominasi kontribusi penjualan Mitsubsihi dengan total sekitar 54 ribu unit untuk periode Januari hingga Desember 2021. Kesuksesan produk ini dalam menjadi salah satu produk terlaris di Indonesia sendiri didorong oleh sejumlah penyegaran yang dihadirkan Xpander pada akhir tahun lalu.

Dorongan penjualan itu pun membuat total penjualan dan pangsa pasar Mitsubishi sepanjang 2021 naik. Oleh karena itu, dalam peringkat penjualan 2021, Mitsubishi masuk dalam tiga besar peringkat GAIKINDO bersama dengan Toyota dan Daihatsu.

Khusus bulan Desember 2021, MMKSI berhasil mencatat pencapaian dengan total 12.617 unit atau dengan pangsa pasar sebesar 13,8 persen. Dalam penjualannya di bulan Desember 2021 tersebut, kendaraan penumpang MMKSI mencatat penjualan 9.004 unit. Sedangkan di segemen kendaraan niaga ringan, MMKSI berhasil mencatat penjualan 3.613 unit.

Dalam periode itu, Model Xpander (termasuk Xpander Cross) mendominasi penjualan MMKSI hingga 60,08 persen. Sepanjang Desember, produk itu terjual sebanyak 7.581 unit. Artinya, penjualan Xpander terbukti naik signifikan karena pada November Xpander hanya terjual sekitar 4.300 unit.

Selain Xpander, penjualan Mitsubishi juga didominasi oleh L300 yang berkontribusi sebesar 19,27 persen serta Pajero Sport yang berkontribusi sebesar 11,25 persen. "Capaian kami di tahun 2021 tentunya sangat memotivasi kami untuk memulai tahun 2022 dengan lebih positif dan memacu kami untuk terus memberikan keunggulan dan keuntungan bagi para konsumen," ujarnya.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement