Jumat 21 Jan 2022 05:40 WIB

Kunjungi Ponpes Lirboyo, Kang Emil Pasrah Namanya Masuk Survei Capres

Sebagai umaro, Kang Emil minta doa agar diberi keselamatan dunia dan akhirnya.

Rep: Antara/ Red: Erik Purnama Putra
Gubernur Jawa Barat (Jabar), M Ridwan Kamil.
Foto: istimewa
Gubernur Jawa Barat (Jabar), M Ridwan Kamil.

REPUBLIKA.CO.ID, KEDARI -- Gubernur Jawa Barat (Jabar), M Ridwan Kamil dan rombongan mengunjungi Pondok Pesantren (Ponpes) Lirboyo, Kota Kediri, Jawa Timur (Jatim), untuk bertemu dengan pengasuh serta sejumlah santri dari Provinsi Jabar yang menimba ilmu di ponpes tersebut pada Kamis (20/1/2022). Kang Emil, sapaan akrab Ridwan Kamil mengaku, engaja datang ke Ponpes Libroyo untuk silaturahim dan bertemu dengan para pengasuh.

Dia menjelaskan, sebelumnya ada acara dengan Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa di Kota Surabaya, dan setelahnya baru ke Kota Kediri. "Saya mendengar dari Jawa Barat itu ada sekitar 4.000-an santri yang menimba ilmu di Lirboyo, Kediri ini. Jadi, kebetulan tadi tanda tangan kerja sama dengan Bu Khofifah terus saya punya sahabat Pak Wali Kota Kediri. Jadi, niatnya tadi saya menitipkan santri dari Jawa Barat," kata Kang Emil di Kota Kediri, Kamis.

Baca Juga

Dia menyatakan, baru mengetahui jika di Provinsi Jabar ada cabang dari Ponpes Lirboyo, tepatnya di Kabupaten Majalengka. Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jabar siap membantu mengembangkan ponpes tersebut. Sehingga para santri memiliki pilihan apakah ingin belajar di Lirboyo Kediri atau Majalengka.

Saat bertemu dengan santri putra dari Provinsi Jabar, Kang Emil memberikan nasihat kepada mereka untuk selalu belajar rajin. "Buat santri, di mana bumi dipijak di situ langit dijunjung. Santri belajar yang rajin, karena niatnya belajar jadi harus lulus dengan baik. Jangan lupa, hubungi orang tua minta doa dan jaga nama baik Jawa Barat. Kami doakan sukses dan menjadi orang berguna bagi masyarakat," tutur mantan wali kota Bandung tersebut.

Terkait dengan hasil survei calon presiden (capres) yang menempatkan namanya sebagai salah kandidat unggul, Kang Emil menyampaikan, pasrah saja. Dia saat ini fokus memprioritaskan pekerjaaan.

"Saya tidak tahu surveinya, kebanyakan. Mau membicarakan survei yang mana. Tapi intinya, orang seperti kami jadi objek survei ya pasrah saja, naik turun dan sebagainya. Yang penting kerja saja. Kalau kerjanya baik, masyarakat juga bisa menilai dan memberikan apresiasi," ujar Kang Emil.

Dia juga meminta doa restu dari para pengasuh Ponpes Lirboyo agar sebagai umaro diberi keselamatan dunia dan akhirat, serta cita-cita bisa dikabulkan dengan perlindungan doa dari para kiai. Kang Emil juga memberikan bantuan kepada Ponpes Lirboyo berupa uang tunai. Dalam kegiatan itu, hadir pula Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar.

Pengasuh Ponpes Lirboyo, KH Abdullah Kafabihi Mahrus mengatakan, kunjungan Gubernur Ridwan Kamil ke tempatnya sebagai bentuk silaturahim. "Sekadar silaturahim biasa. Beliau berkeinginan Jawa Barat maju dengan baik," kata Abdullah.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement