Saturday, 26 Zulqaidah 1443 / 25 June 2022

Saturday, 26 Zulqaidah 1443 / 25 June 2022

26 Zulqaidah 1443
  • JELANG HUT BHAYANGKARA KE-76,< POLRI MENGADAKAN LOMBA MENEMBAK PATI TNI-POLRI BERSAMA INSAN PERS 10-11 JUNI 2022 DI BRIMOB KELAPA DUA

Ini Kronologi Kecelakaan Maut Truk Tronton Balikpapan

Jumat 21 Jan 2022 04:20 WIB

Rep: Ali Mansur/ Red: Teguh Firmansyah

Truk tronton tabrak kendaraan di lampu merah Balikpapan, Jumat (21/1/2022),

Truk tronton tabrak kendaraan di lampu merah Balikpapan, Jumat (21/1/2022),

Foto: Tangkapan Layar
Truk tronton meluncur dan menabrak yang ada di depannya di Lampu Merah Muara Rapak.

REPUBLIKA.CO.ID, BALIKPAPAN --  Kecelakaan maut terjadi di titik lampu merah di Jalan Soekarno-Hatta, Simpang Muara Rapak, Balikpapan, Kalimantan Timur, Jumat (21/1/2022) pagi WIB. Sebuah truk tronton meluncur kencang menabrak kendaraan yang ada di depannya.

Menurut laporan yang terima oleh Republika.co.id, kecelakaan bermula ketika sopir truk tronton KT-8534-AJ berangkat dari parkirannya di Jl Pulau Balang Km.13 Kel. Karang Joang, Balikpapan Utara, pada pukul 05.00 WITA. Truk hendak membawa muatan ke Kampung Baru, Balikpapan Barat. Truk kontainer membawa muatan 20 fit yang berisikan kapur pembersih air dengan berat 20 ton.

Baca Juga

Sesampainya di depan Rajawali Foto Km.0,5 sopir truk sudah mulai mengurangi porsneling dari 4-3 dan sesampai di depan Bank Mandiri rem sudah tidak berfungsi. Selanjutnya, truk tronton meluncur dan menabrak yang ada di depannya di lampu merah Muara Rapak.

Adapun data sementara, jumlah korban yang meninggal sebanyak empat orang, kritis empat orang. Kecelakaan ini menyebabkan kerusakan materi lampu merah roboh, pagar pembatas jalan rusak, dua unit angkot warna merah dan biru, 2 unit mobil pribadi, 2 unit pick up, dan roda dua 14 unit. Saat ini para korban dibawa ke RSU Khanujoso dan RSU Beriman.

Sementara Kabid Humas Polda Kalimantan Timur Kombes Pol Yusuf Sutejo, saat dikonfirmasi mengatakan, lima orang meninggal dunia dan empat orang luka berat akibat kecelakaan itu. Korban yang mengalami luka-luka sudah dilarikan ke rumah sakit. Mereka dilarikan ke rumah sakit yang berbeda-beda. "Rumah sakit yang jadi rujukan itu ada tiga, Rumah Sakit Khanujoso, Rumah Sakit Beriman, satu lagi Rumah Sakit Ibnu Sina," kata Yusuf.

Sebelumnya beredar di media sosial insiden kecelakaan di sebuah lampu merah di kawasan Muara Kapak, Kota Balikpapan. Dalam video rekaman CCTV yang diperoleh Republika.co.id, tampak sebuah tronton tidak bisa mengerem saat turunan ke arah simpang lampu merah. Padahal di depannya terdapat kendaraan mobil, dan motor yang sedang berhenti karena lampu mereh.

Mobil yang terhantam tronton pun langsung terhempas ke depan dan menabrak kendaraan lainnya. Sejumlah pengendara motor yang berada di lokasi pun terpental akibat tabrakan hebat tersebut. Dalam video lainnya terlihat petugas langsung membawa korban ke rumah sakit. Beberapa orang juga ikut membantu proses evakuasi.

Revisi:

Berita ini mengalami revisi terkait judul dan jumlah korban meninggal. Demikian kami informasikan.

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

f
 

BERITA LAINNYA

 
hide ads show ads
desktop mobile