Sabtu 22 Jan 2022 08:54 WIB

Kapolda Papua: Pasukan tak Ganggu Aktivitas Persekolahan di Dekai

Pelajar berdemo karena sekolah jadi tempat penampungan anggota Brimob BKO.

Red: Ratna Puspita
Kapolda Papua Irjen Mathius D Fakhiri.
Foto: Dok Polri
Kapolda Papua Irjen Mathius D Fakhiri.

REPUBLIKA.CO.ID, JAYAPURA -- Kapolda Papua Irjen Mathius Fakhiri memastikan keberadaan personel Brimob BKO yang sementara menempati bangunan sekolah di Dekai tidak menganggu aktivitas belajar-mengajar sekolah siswa. Keberadaan personel brimob itu tidak menganggu aktivitas belajar mengajar karena baru akan dilaksanakan Senin (24/1/2022) besok.

Sebelum ditempatkan di sekolah, ia mengatakan, Kapolres Yahukimo sudah berkoordinasi dengan pimpinan daerah setempat. "Mendapat izin untuk menempati sementara ketiga sekolah tersebut,"kata dia, Jumat (21/1/2022).

Baca Juga

Kapolda mengatakan, anggota Brimob akan ditempatkan di GOR Dekai yang saat ini sedang dipersiapkan. Kapolda mengatakan, dirinya beserta jajarannya paham benar terkait fungsi sekolah sebagai tempat belajar mengajar, dan puskesmas atau rumah sakit sebagai tempat pelayanan kesehatan sehingga berharap masalah ini tidak dipolitisir.

Keberadaan BKO Brimob itu akibat meningkatnya eskalasi keamanan di wilayah itu saat meninggalnya mantan bupati Yahukimo beberapa waktu sebelumnya sehingga dilakukan penambahan personel. "Bila kondisi kamtibmas dinyatakan kondisif maka akan dilakukan penarikan personel dari kawasan itu," kata dia.

Adapun sekolah yang menjadi tempat penampungan personel Brimob, yaitu SMA Ninia, SMA Negeri 2 Dekai, dan SMK Negeri 2 Dekai. Sebelumnya Kamis (20/1/2021), para pelajar melakukan aksi demo ke Dinas Pendidikan Yahukimo di Dekai terkait dijadikannya sekolah sebagai tempat penampungan anggota Brimob BKO.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement