Sabtu 22 Jan 2022 11:08 WIB

Priyanka Chopra Sewa Rahim untuk Dapatkan Keturunan, Anaknya Baru Lahir

Priyanka Chopra-Nick Jonas telah dikaruniai anak yang lahir dari ibu pengganti.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Reiny Dwinanda
Pasangan selebritas Priyanka Chopra dan Nick Jonas mengumumkan kelahiran anak pertamanya melalui ibu pengganti alias sewa rahim.
Foto:

Kesehatan ibu pengganti

Seperti dilansir Times Now News, Sabtu (22/1/2022), asupan nutrisi ibu pengganti selama masa kehamilan merupakan faktor penting yang perlu dijaga. Asupan nutrisi yang tak mencukupi dapat mempengaruhi kesehatan janin dalam kandungan dan juga kesehatan ibu pengganti.

Kekurangan protein misalnya, bisa memengaruhi berat badan bayi saat dilahirkan. Selain kesehatan fisik, kesehatan mental ibu pengganti juga harus diperhatikan.

Stres pada ibu pengganti yang tak terkelola dengan baik bisa memberi dampak buruk bagi kehamilan. Studi neonatal menunjukkan bahwa bayi yang dilahirkan dari ibu yang mengalami kecemasan tinggi saat kehamilan cenderung lebih menangis berkepanjangan dalam tujuh bulan pertama kehidupan mereka.

Kondisi kesehatan mental yang lebih buruk juga bisa terjadi bila masalah ini tak ditangani dengan baik saat ibu pengganti menjalani kehamilan. Beberapa teknik menenangkan seperti yoga dan meditasi bisa membantu ibu pengganti merasa tenang dan bahagia selama menjalani kehamilan.

Surrogate mother atau ibu pengganti yang rahimnya disewa untuk kehamilan tentunya akan mengalami dampak medis layaknya perempuan hamil. Ibu pengganti pun memiliki risiko yang sama seperti ibu hamil lainnya.

"Dari kondisi normal jadi hamil, perempuan tentu mengalami perubahan hormonal, banyak ketidaknyamanan kalau hormonnya berubah," ucap ahli embriologi Harris Harlianto yang juga kepala Lab IVF Bandung Fertility Center, Jawa Barat, dalam keterangan terdahulu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement