Sabtu 22 Jan 2022 11:10 WIB

Mayjen Kunto, Putra Try Soetrisno Promosi Jadi Pangdam Siliwangi

Brigjen Dwi Darmadi dipromosikan sebagai Pangdivif 3/Kostrad.

Red: Erik Purnama Putra
Mayjen Kunto Arief Wibowo dipromosikan sebagai Panglima Kodam (Pangdam) III/Siliwangi.
Foto: Dok Pendivif 3 Kostrad
Mayjen Kunto Arief Wibowo dipromosikan sebagai Panglima Kodam (Pangdam) III/Siliwangi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Gerbong mutasi dan promosi di lingkungan Markas Besar Tentara Nasional Indonesia (Mabes TNI) dan tiga matra kembali bergulir. Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa memutasi 328 perwira tinggi (pati) TNI melalui Keputusan Nomor 66/I/2022 tanggal 21 Januari 2022 tentang Pemberhentian dari dan Pengangkatan Dalam Jabatan di Lingkungan TNI.

Di antara yang diganti adalah Panglima Kodam (Pangdam) III/Siliwangi dari Mayjen Agus Subiyanto digantikan Mayjen Kunto Arief Wibowo. Jika Agus Subiyanto dipromosikan sebagai Wakil Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) maka Kunto sebelumnya merupakan Panglima Divisi 3/Infanteri (Pangdivif) Kostrad. Kunto juga merupakan putra dari Jenderal (Purn) Try Soetrisno yang sekarang menjabat Wakil Ketua Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP).

Baca Juga

Adapun posisi yang ditinggalkan Kunto akan diduduki oleh Brigjen Dwi Darmadi, yang sebelumnya merupakan Inspektur Kodam (Irdam) XVI/Pattimura. Otomatis Dwi akan mendapat kenaikan pangkat satu tingkat lebih tinggi saat resmi menjabat Pangdivif 3/Kostrad.

Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) TNI, Mayjen Prantara Santosa menjelaskan, mutasi dan promosi itu diteken di Jakarta pada Jumat malam WIB. Dalam surat keputusan itu juga memuat 28 jabatan baru di lingkungan TNI. "Hal itu telah diamanatkan dalam Perpes Nomor 66 Tahun 2019," kata Prantara di Jakarta, Sabtu (22/1/2022).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement