Sabtu 22 Jan 2022 17:15 WIB

Infografis Makna Nusantara yang Jadi Nama Ibu Kota Negara Baru

Nusantara dipilih karena melambangkan konsep kesatuan Indonesia.

Red: Indira Rezkisari
Foto: Republika
Ibu Kota Negara Baru

REPUBLIKA.CO.ID, Nama Nusantara sudah ditetapkan sebagai nama bagi ibu kota negara yang baru di Kalimantan Timur. Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Suharso Monoarfa mengungkapkan nama Nusantara dipilih Presiden Joko Widodo langsung.

* Alasan pemilihan Nusantara adalah diksi tersebut menggambarkan keberagaman dari Indonesia. Selain itu, diksi tersebut juga sudah menjadi nama yang ikonik di dalam negeri dan internasional.

Baca Juga

"Ikonik di internasional, mudah, dan menggambarkan kenusantaraan kita semua, Republik Indonesia, dan saya kira kita semua setuju dengan istilah Nusantara itu," ujar Suharso.

* Nusantara adalah sebuah konseptualisasi atas wilayah geografi sebuah negara, konstituennya adalah pulau-pulau yang dipisahkan oleh lautan.

"Ya, disatukan oleh lautan, tapi artinya ini, konsepnya memang seperti itu pulau-pulau itu," ujar Suharso.

* Indonesia, kata Suharso, merupakan negara maritim yang terdiri dari berbagai budaya, suku, bahasan, dan etnis. Kemudian disatukan oleh sebuah ibu kota bernama Nusantara yang mengakomodasi kemajemukan itu.

"Jadi Nusantara itu sebuah konsep kesatuan yang bersedia mengakomodasi kemajemukan itu dan ibu kota, Indonesia, dengan nama itu mengungkapkan realitas tadi," ujar Suharso.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement