Thursday, 8 Zulhijjah 1443 / 07 July 2022

Thursday, 8 Zulhijjah 1443 / 07 July 2022

8 Zulhijjah 1443
  • JELANG HUT BHAYANGKARA KE-76,< POLRI MENGADAKAN LOMBA MENEMBAK PATI TNI-POLRI BERSAMA INSAN PERS 10-11 JUNI 2022 DI BRIMOB KELAPA DUA

Mufti Mesir Ungkap Kalimat Ampuh Tangkal Malapetaka

Sabtu 22 Jan 2022 10:27 WIB

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Agung Sasongko

Umat Islam melaksanakan shalat (ilustrasi).

Umat Islam melaksanakan shalat (ilustrasi).

Foto: Antara/Retno Esnir
Ada kalimat yang diajarkan dalam Islam untuk tangkal malapetaka.

REPUBLIKA.CO.ID, KAIRO -- Mufti Agung Mesir, Syekh Dr Syauqi Allam memberikan penjelasan soal bagaimana cara ampuh dalam ajaran Islam untuk menangkal malapetaka. Dia menyampaikan bahwa ada kalimat yang diajarkan dalam Islam sebagai langkah untuk mencegah datangnya malapetaka.

Kalimat tersebut ialah sholawat kepada Nabi Muhammad. Syekh Allam memaparkan, Nabi Muhammad SAW adalah rahmat Allah SWT untuk alam semesta. Diutusnya Nabi SAW menjadi faktor datangnya kebaikan dan penangkal kejahatan sekaligus bahaya dari semua makhluk di dunia dan akhirat.

Baca Juga

Karena itu, Syekh Allam menyampaikan, sholawat kepada Nabi SAW adalah pemberi syafaat bagi makhluk. Sholawat kepada Nabi SAW juga merupakan syafaat atas doa sehingga dengan sholawat, doa akan diijabah atau dikabulkan karena dengan sholawat itu pulalah rahmat Allah SWT turun.

Syekh Allam juga mengemukakan, generasi salaf dan para imam telah menyampaikan bahwa bersholawat kepada Nabi Muhammad SAW itu membawa kebaikan dan mencegah datangnya malapetaka. Para ulama pun berpendapat bahwa sholawat atas Nabi merupakan salah satu mukjizat Nabi SAW.

Rasulullah SAW bersabda, "Jika salah seorang di antara kamu membaca shalawat, hendaklah dimulai dengan mengagungkan Allah Azza wa Jalla dan memuji-Nya. Setelah itu, bacalah sholawat kepada Nabi. Dan setelah itu, barulah berdoa dengan doa yang dikehendaki." (HR Ahmad, Abu Dawud, dan Tirmidzi). 

Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

f
 

BERITA LAINNYA

 
hide ads show ads
desktop mobile