Friday, 2 Zulhijjah 1443 / 01 July 2022

Friday, 2 Zulhijjah 1443 / 01 July 2022

2 Zulhijjah 1443
  • JELANG HUT BHAYANGKARA KE-76,< POLRI MENGADAKAN LOMBA MENEMBAK PATI TNI-POLRI BERSAMA INSAN PERS 10-11 JUNI 2022 DI BRIMOB KELAPA DUA

Lagi di Bekasi? Rugi Kalau Gak Makan di Sini

Sabtu 22 Jan 2022 10:34 WIB

Rep: Jouron/ Red: Partner

.

.

Foto: network /Jouron
Wisata kuliner Bekasi memang beda dan bikin nagih, termasuk masakan di rumah makan ini.

Kuliner Bekasi: Masakan khas Betawi dan Padang di Rumah Makan Ubung Bekasi
Kuliner Bekasi: Masakan khas Betawi dan Padang di Rumah Makan Ubung Bekasi

Bekasi boleh saja selalu jadi bahan bully-an banyak orang. Tapi kalau soal makanan enak, di sini tempatnya. Apalagi kalau yang kamu cari kuliner betawi, Bekasi pilihan yang tepat untuk dikunjungi. Salah satu tempat yang wajib dikunjungi saat di Bekasi adalah warung makan Pak Ubung di bilangan proyek Bekasi barat.

Warung makan ini sudah berdiri sejak tahun 1985 dan sampai sekarang masih sama enaknya. Saat ini ada dua warung pak Ubung di Bekasi. Satu di jalan RA Kartini dan satu lagi di bilangan proyek atau Jl Ir H Juanda.

Nasi uduk ayam goreng, salah satu menu favorit di Rumah Makan Ubung Bekasi.
Nasi uduk ayam goreng, salah satu menu favorit di Rumah Makan Ubung Bekasi.

Pak Ubung menyediakan berbagai kuliner Betawi. Semisal aneka sop dan soto yang terdiri dari sop buntut, sop iga, sop daging, sop kaki dan sop ayam. Sedangkan untuk soto-sotoannya tersedia soto daging, soto ayam, soto kaki, soto babat dan soto campur.

Yang membedakan sop dan soto ini adalah kuahnya. Kalau sop kuahnya bening. Sedangkan soto yang dimaksud di sini adalah soto betawi yang berkuah santan. Isian sop dan soto yang sudah dipotong-potong, ditambahkan kol rebus, tomat segar dan kentang rebus, lalu disiram kuah panas sop atau soto. Disajikan dengan taburan bawang goreng, daun bawang segar dan jeruk nipis, sungguh menggoda selera. Rasanya gurih dan segar.

Kuah soto betawi Pak Ubung ini tidak sekental soto betawi kebanyakan. Tapi dibilang encer juga tidak. Intensitas santannya pas. Sehingga ketika ditaburi perasan jeruk nipis, perpaduan rasa gurih dari kuah kaldu dan santannya terasa seimbang. Jika tidak suka jeruk nipis, sah-sah saja tidak menambahkannya. Tetap enak kok. Apalagi potongan dagingnya yang empuk, bikin kita tidak bisa berhenti saat memakannya dengan nasi putih.

Nasi rames menjadi menu utama dan andalan Rumah Makan Ubung Bekasi. 
Nasi rames menjadi menu utama dan andalan Rumah Makan Ubung Bekasi.

Selain sajian berkuah-kuah, ada hidangan lain yang tidak boleh dilewatkan. Yaitu nasi rames dan nasi uduknya. Nasi rames ini adalah sajian nasi putih ditambah bihun goreng, acar ketimun wortel dan sambal goreng kentang, disiram kuah gulai dan bumbu rendang. Supaya lebih nendang, bisa ditambah dengan lauk seperti ayam goreng, iso goreng, telur balado, telur dadar, udang balado, rendang daging, semur dan masih banyak lagi pilihan lainnya. Nasi rames ini disajikan dengan emping goreng.

Nah kalau nasi uduknya, jangan ditanyakan lagi. Nasi uduk pak Ubung ini berasa banget aroma santan dan rempah-rempahnya, nasinya juga pulen. Disajikan dengan emping, ketimun dan taburan bawang goreng. Untuk lauk penyertanya, silakan pilih sendiri mau apa. Kalau saya sih pastinya ayam goreng dong.

Ayam goreng pak Ubung ini jangan ditanya lagi soal rasanya. Ayamnya empuk, bumbunya meresap. Digoreng dadakan ketika ada yang pesan. Jadi masih panas-panas gitu. Garing di luar, lembut di dalam teksturnya. Ditambah taburan bumbu rempah dan sambal kacang yang disajikan di piring terpisah, nasi uduk ayam goreng ini bisa dibilang signature dish-nya Pak Ubung deh. Eh tapi kalau kamu gak suka ayam, boleh diganti kok dengan iso goreng atau lauk lain.

Menu makanan di Rumah Makan Ubung Bekasi.
Menu makanan di Rumah Makan Ubung Bekasi.

Sebenarnya masih banyak ragam menu warung makan pak Ubung. Ada beragam pepes, mulai dari pepes ikan hingga pepes jamur. Ada juga pesmol, gulai kepala kakap, gulai ayam, tunjang dan semur. Kalau mau ganti nasi putih di nasi rames jadi nasi uduk juga boleh. Pokonya bebas semau kita.

Tinggal bilang pada bapak yang menjaga warung. Begitu kita masuk, ia akan langsung menyapa menanyakan mau makan apa. Gak pakai catat mencatat, langsung diiyakan dan tidak lama kemudian hidangan tersaji di meja tempat kita duduk. Di meja ini tersedia tiga jenis sambal. Sambal goreng, sambal untuk sop dan soto dan sambal kacang untuk nasi uduk. Untuk minumannya, ada berbagai minuman dingin yang cocok buat udara Bekasi yang panas, seperti jus alpukat, jambu, jeruk dan es teh manis.

Dari sisi harga, makanan yang ada di Pak Ubung ini tergolong terjangkau. Ada juga sih yang bilang mahal. Tapi kalau mengingat kualitas dan rasa hidangan yang disajikan, harga yang dipatok masih masuk akal.

Minggu lalu kami berempat makan di warung makan Pak Ubung yang terletak di bilangan proyek. Kami memesan nasi uduk ayam goreng sebanyak dua porsi, nasi sop kaki, nasi rames telur balado dan nasi rame iso goreng. Ditambah ekstra emping goreng, dua botol aqua, es teh manis dua teh tawar hangat. Total menghabiskan Rp 190.000.

Aneka menu masakan dan minuman yang tersedia di Rumah Makan Ubung Bekasi.
Aneka menu masakan dan minuman yang tersedia di Rumah Makan Ubung Bekasi.

Kekurangan dari warung yang buka dari pagi sampai malam ini adalah tidak mencantumkan harga makanan yang dijual. Jadi mungkin itu sebabnya ada yang menganggap mahal, karena bisa jadi ekspektasi pembeli kalau harga warung makan pinggir jalan mengacu pada harga kaki lima. Sementara kalau dilihat dari kualitas makanan yang disajikan, warung Pak Ubung berada di atas itu. Intinya kalau ragu, mending tanya dulu saja harganya ya.

sumber : https://jouron.republika.co.id/posts/32783/lagi-di-bekasi-rugi-kalau-gak-makan-di-sini
BACA JUGA: Ikuti News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id
 

BERITA TERKAIT

 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

f
 

BERITA LAINNYA

 
hide ads show ads
desktop mobile