Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Amira Heksa

Sudah Banyak Makan tapi Tubuh Kurang Nutrisi, Kok Bisa?

Gaya Hidup | Saturday, 22 Jan 2022, 15:34 WIB

Di tengah banyak orang yang mengeluhkan sulit menurunkan berat badan, ternyata ada pula yang mengeluhkan sulit menaikkan berat badan meski sudah makan banyak.

Keinginan untuk menaikannya berat badan ini biasanya muncul karena beragam alasan, mulai dari merasa terlalu kurus atau ingin memiliki berat yang ideal. Ada pula yang merasa risih dengan anggapan bahwa orang kurus adalah orang yang kekurang gizi, meski hal ini tidak selalu demikian.

Tetapi beberapa orang yang banyak makan namun tetap kurus mungkin mengalami malnutrisi. Ini merupakan kondisi ketika seseorang mengalami kekurangan suatu zat gizi. Jenis zat gizi yang kurang mungkin berupa karbohidrat, protein, lemak, vitamin, atau mineral

Ada beberapa faktor yang mungkin menyebabkan seseorang tetap kurus meski sudah makan banyak. Berikut beberapa di antaranya:

1. Genetik atau keturunan

Faktor keturunan atau genetik dapat membuat seseorang memiliki metabolisme cepat. Metabolisme berperan penting dalam pembakaran kalori di dalam tubuh. Hal inilah yang kemudian menyebabkan seseorang tetap kurus meski sudah mengonsumsi banyak makanan.

2. Terlalu banyak beraktivitas

Aktivitas fisik yang berlebihan bisa menjadi salah satu penyebab berat badan susah naik. Saat melakukan aktivitas fisik, tubuh membakar kalori lebih banyak. Jika aktivitasmu berlebihan, misalnya berolahraga terlalu berat atau terlalu sering, tubuhmu akan tetap kurus meski sudah mengonsumsi banyak makanan.

3. Menderita penyakit kronis

Penyakit berat yang terjadi dalam jangka waktu panjang dapat membuat berat badan kian turun. Contoh penyakit yang bisa menyebabkan seseorang menjadi kurus adalah infeksi tuberkulosis, diabetes, penyakit tiroid, AIDS, dan kanker.

4. Stres

Stres dapat memicu pola hidup yang kurang sehat, termasuk pola makan. Kondisi ini bisa saja menjadi penyebab kamu kesulitan meningkatkan berat badan. Beragam hal bisa menjadi penyebab stres, mulai dari krisis kepercayaan diri, masalah keluarga, hingga masalah pekerjaan.

Selain itu, berat badanmu juga bisa sulit naik apabila penyerapan di system pencernaan kamu kurang bagus, bisa juga karena sedang menjalani pengobatan tertentu, kecanduan alkohol, atau menggunakan obat-obatan terlarang.

Jadi untuk memperbaikinya, kita harus bisa membuat sistem pencernaan dalam tubuh kita tetap sehat. Hal ini bisa dengan cara lebih sering mengkonsumsi serat dari buah-buahan, sayuran juga bisa mengkonsumsi suplemen herbal yang berkhasiat untuk memelihara saluran pencernaan, namu harus selektif jangan salah pilih ya Labers!

Salam Sehat dari kami yang akan selalu setia menemani hari-hari mu untuk tetap sehat!

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image