Ahad 23 Jan 2022 19:20 WIB

Kelompok Realistis Golkar Berpotensi Muncul Bila Elektabilitas Airlangga Sulit Naik

Kelompok realistis Golkar mungkin mencari figur lain untuk didorong sebagai capres.

Rep: Febrianto Adi Saputro/ Red: Indira Rezkisari
Bendera Partai Golkar. Direktur Eksekutif Lingkar Madani (LIMA), Ray Rangkuti, menilai potensi munculnya kelompok yang akan mendukung kandidat capres 2024 dari Partai Golkar selain figur Airlangga Hartarto akan selalu terbuka.
Foto: dok. Republika/Aditya Pradana Putra
Bendera Partai Golkar. Direktur Eksekutif Lingkar Madani (LIMA), Ray Rangkuti, menilai potensi munculnya kelompok yang akan mendukung kandidat capres 2024 dari Partai Golkar selain figur Airlangga Hartarto akan selalu terbuka.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Direktur Eksekutif Lingkar Madani (LIMA), Ray Rangkuti, menilai potensi munculnya kelompok yang akan mendukung kandidat capres 2024 dari Partai Golkar selain figur Airlangga Hartarto akan selalu terbuka. Menurutnya kelompok tersebut terbuka akan muncul apabila elektabilitas Airlangga tidak sampai di angka 5 persen.

"Kelompok ini saya sebut sebagai kelompok realistis. Besar kemungkinan mereka akan mencari figur lain untuk didorong sebagai calon presiden tentu dengan perhitungan yang tetap memberi bagian yang memuaskan bagi partai Golkar," kata Ray kepada Republika, Ahad (23/1).

Baca Juga

Salah satu nama yang kemungkinan bakal diusung Partai Golkar adalah Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan. Namun nama Anies dinilai bukanlah satu-satunya.

"Nama lain potensial juga akan masuk dalam list kelompok realistis ini. Intinya, Anies dijadikan sebagai figur pendobrak untuk mencairkan kelompok konsolidasi AH," ujarnya.

Ray mengatakan bila dalam perjalannya elektabilitas Anies kurang meyakinkan, maka ada kemungkinkan untuk mendorong figur lain. "Intinya, selama elektabilitas AH tetap tidak ideal maka upaya mencari figur lain untuk Capres Golkar 2024 tetap terbuka," ungkapnya.

Dia juga menjawab tudingan yang mengatakan bahwa pernyataannya tersebut upaya memecah belah partai. Padahal partai berlambang pohon beringin tersebut kerap menyebut bahwa mereka solid mendukung Airlangga. "Kalau pendapat pemangat pinggiran kayak kita dapat memecah belah Golkar, ya artinya yang mereka sebut soliditas internal itu ya rapuh," ucapnya.

Menyiapkan nama siapa yang akan diusung di tahun 2022 bukanlah hal yabg prematur. Hal tersebut mengingat tahun 2022 ini adalah tahun dimulainya politik menuju 2024.

"Yang lambat konsolidasi potensial akan tertinggal laju kereta. Jadi menyiapkan nama selain Anies itu bukan prematur tapi memang sudah waktunya. Tentu nanti, 2023 kepastiannya," ungkapnya.

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا لَا تَدْخُلُوْا بُيُوْتَ النَّبِيِّ اِلَّآ اَنْ يُّؤْذَنَ لَكُمْ اِلٰى طَعَامٍ غَيْرَ نٰظِرِيْنَ اِنٰىهُ وَلٰكِنْ اِذَا دُعِيْتُمْ فَادْخُلُوْا فَاِذَا طَعِمْتُمْ فَانْتَشِرُوْا وَلَا مُسْتَأْنِسِيْنَ لِحَدِيْثٍۗ اِنَّ ذٰلِكُمْ كَانَ يُؤْذِى النَّبِيَّ فَيَسْتَحْيٖ مِنْكُمْ ۖوَاللّٰهُ لَا يَسْتَحْيٖ مِنَ الْحَقِّۗ وَاِذَا سَاَلْتُمُوْهُنَّ مَتَاعًا فَاسْـَٔلُوْهُنَّ مِنْ وَّرَاۤءِ حِجَابٍۗ ذٰلِكُمْ اَطْهَرُ لِقُلُوْبِكُمْ وَقُلُوْبِهِنَّۗ وَمَا كَانَ لَكُمْ اَنْ تُؤْذُوْا رَسُوْلَ اللّٰهِ وَلَآ اَنْ تَنْكِحُوْٓا اَزْوَاجَهٗ مِنْۢ بَعْدِهٖٓ اَبَدًاۗ اِنَّ ذٰلِكُمْ كَانَ عِنْدَ اللّٰهِ عَظِيْمًا
Wahai orang-orang yang beriman! Janganlah kamu memasuki rumah-rumah Nabi kecuali jika kamu diizinkan untuk makan tanpa menunggu waktu masak (makanannya), tetapi jika kamu dipanggil maka masuklah dan apabila kamu selesai makan, keluarlah kamu tanpa memperpanjang percakapan. Sesungguhnya yang demikian itu adalah mengganggu Nabi sehingga dia (Nabi) malu kepadamu (untuk menyuruhmu keluar), dan Allah tidak malu (menerangkan) yang benar. Apabila kamu meminta sesuatu (keperluan) kepada mereka (istri-istri Nabi), maka mintalah dari belakang tabir. (Cara) yang demikian itu lebih suci bagi hatimu dan hati mereka. Dan tidak boleh kamu menyakiti (hati) Rasulullah dan tidak boleh (pula) menikahi istri-istrinya selama-lamanya setelah (Nabi wafat). Sungguh, yang demikian itu sangat besar (dosanya) di sisi Allah.

(QS. Al-Ahzab ayat 53)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement