Ahad 23 Jan 2022 20:07 WIB

Data, Fakta, dan Sejarah Rivalitas tanpa Batas AC Milan vs Juventus

Juventus mendominasi Serie-A, Milan menguasai Eropa

Rep: Kurusetra/ Red: Partner
.
Foto: network /Kurusetra
.

AC Milan akan menjamu Juventus di lanjutan Serie-A, Senin (24/1/2021). Foto: Juventus.com
AC Milan akan menjamu Juventus di lanjutan Serie-A, Senin (24/1/2021). Foto: Juventus.com

KURUSETRA -- Salam Sedulur... Liga Italia Serie-A pekan ke-23 kali ini punya laga besar yang sayang dilewatkan. Dua raksasa Serie-A, AC Milan dan Juventus akan bentrok di San Siro, Senin (24/1/2022) pukul 02.45 WIB. Melihat jauh ke belakang, dua tim ini memiliki rivalitas tanpa batas, Juventus mendominasi Serie-A, sementara Milan raja di Eropa.

Di laga nanti, Juve membawa modal bagus di mana dari delapan laga terakhir mereka tidak tersentuh kekalahan. Sementara Milan menantang Juve dengan kekalahan menyakitkan dari Spezia, di mana kemenangan mereka "dirampok" oleh wasit yang dinilai banyak pihak tidak adil.

Di luar itu semua, Kurusetra merangkum sejarah rivalitas kedua tim yang membuat laga nanti semakin panas.

1. Juve Dominasi Serie-A, Milan Raja Eropa

Sepanjang sejarah, Juventus menasbihkan diri sebagai penguasa Serie-A dengan koleksi 36 gelar juara. Bahkan dalam 10 musim terakhir, Juventus berhasil menjadi juara sembilan kali beruntun, sebelum dipatahkan oleh Inter Milan pada musim lalu.

Sementara Milan bukan tim kacangan. Di Seri-A, Milan mengoleksi 18 gelar Scudetto. Sayangnya, Milan sudah 10 tahun puasa gelar di Serie-A.

Namun Juventus yang digjaya di Italia tak sekuat Milan. Di pentas Eropa, Milan mampu menguasai Eropa dengan torehan tujuh gelar Liga Champions, sedangkan Juve hanya dua kali mencicipi gelar Eropa.

Rivalitas keduanya bahkan sempat tersaji di laga final Liga Champions musim 2002/2003. Milan tampil sebagai juara di laga tersebut setelah menang lewat drama adu penalti.

2. Milan Scudetto Musim 1991/1992 tanpa Kalah

Milan pernah mencatatkan rekor luar biasa saat menjadi juara pada 1991/1992 tanpa tersentuh kekalahan selama satu musim, dengan catatan 22 menang dan 12 kali imbang. Catatan ini belum pernah dilakukan Juventus meski memiliki lebih banyak koleksi Scudetto.

Hingga kini belum ada klub Italia yang mampu melakukan catatan Milan di tahun tersebut. Termasuk Juventus, Inter Milan, atau duo kota Roma.

3. Rivalitas Satu Abad

Rivalitas kedua tim sudah berlangsung lebih dari 100 tahun atau satu abad. Laga pertama kedua tim berlangsung pada 28 April 1901, di mana Milan menang 3-2.

4. Juve Tumbang dengan Skor Besar

Milan pernah membantai Juve dengan skor besar 8-1 pada tahun 1912. Tak hanya dengan Milan, Juve juga pernah dihancurkan rivval sekota, Torino dengan skor lebih besar, 8-0 satu tahun setelahnya.

5. Milan kalah head to head

Meski pernah kalah besar dari Milan, Juventus memegang rekor head to head. Dalam catatan sejarah, kedua tim sudah bertemu 294 kali. Juventus menang

Juventus memang harus kalah di pertemuan pertama dan menelan kekalahan terbesar saat bertemu Milan. Namun bukan berarti mereka harus merasa inferior di hadapan sang rival.

Sebaliknya, Juventus jauh mengungguli Milan dalam rekor pertemuan. Kedua tim tercatat sudah bertemu sebanyak 291 kali di semua kompetisi. Juventus meraih 109 kemenangan, sementara Milan mencatatkan 96 kemenangan, dan 89 laga berakhir imbang.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement