Senin 24 Jan 2022 13:28 WIB

Polres Bantul Bongkar Kasus Pembuatan Bakso dari Bahan Ayam Tiren

Kasus bermula, warga menemukan adanya ayam bangkai yang siap untuk digiling.

Rep: Antara/ Red: Erik Purnama Putra
Kapolres Bantul AKBP Ihsan.
Foto: Dok Humas Polda DIY
Kapolres Bantul AKBP Ihsan.

REPUBLIKA.CO.ID, BANTUL -- Jajaran Reserse Kriminal Kepolisian Resor (Reskrim Polres) Bantul membongkar kasus tindak pidana pembuatan bakso dari bahan bangkai ayam atau 'ayam tiren', yang beroperasi di Desa Trimulyo, Kecamatan Jetis, Kabupaten Bantul, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Tempat produksi pembuatan bakso berbahan ayam tiren di wilayah Jetis itu digerebek jajaran Polres pada Jumat (21/1/2022).

"Konferensi pers terkait tindak pidana menjual atau mengedarkan, menawarkan bakso ayam yang bahannya terbuat dari ayam tiren, atau ayam yang sudah mati membusuk kemudian diolah oleh tersangka menjadi bakso ayam," kata Kapolres Bantul AKBP Ihsan di sela konferensi pers di Markas Polres Bantul, Senin (24/1/2022).

Baca Juga

Penggerebekan dilakukan setelah polisi melakukan penyelidikan dengan menindaklanjuti informasi dari masyarakat terkait keberadaan penggilingan daging tersebut. "Dalam kasus ini kami mengamankan dua orang tersangka yang merupakan pasangan suami istri. Masing-masing berinisial MHS (51), dan istrinya AHR (50), yang bersangkutan memproduksi bakso tersebut di rumah bersangkutan yang ada di Jetis," kata Ihsan.

Menurut dia, kronologis pengungkapan kasus pembuatan bakso ayam tiren itu berawal dari laporan masyarakat sebelumnya yang masuk ke polisi. Warga menemukan adanya ayam bangkai atau tiren yang siap untuk digiling di suatu tempat penggilingan di wilayah Kecamatan Pleret.

"Setelah mendapat informasi tersebut anggota kami melakukan penyelidikan di lapangan, dan mengetahui bahwa ayam yang akan digiling tersebut adalah milik dari tersangka, kemudian dikembangkan dan dilakukan penyelidikan di rumah yang bersangkutan," kata Ihsan.

Ihsan mengatakan, ternyata benar di rumah kedua tersangka tersebut ditemukan beberapa barang bukti pengolahan bakso, termasuk bahan baku ayam yang sudah menjadi bangkai. "Kami berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan, Dinas Perdagangan Bantul, untuk sama-sama ke sana, karena bagaimanapun ini perlu dicek terkait kandungan dan sebagainya. Dan pada saat di TKP kami menemukan beberapa barang bukti termasuk bakso yang sudah diproduksi," katanya.

Selain barang bukti bakso dan bangkai ayam, petugas juga menemukan dan menyita barang bukti dari rumah tersangka berupa dua unit freezer atau mesin pendingin, mesin adonan, genset, dan peralatan pendukung pengolahan bakso. "Tersangka akan kami jerat tiga pasal, yaitu pasal 204 ayat 1 KUHP, kemudian pasal 62 ayat 1 UU Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen, dan UU Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pangan, dengan ancaman pidana penjara 15 tahun," kata Ihsan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement