Senin 24 Jan 2022 16:17 WIB

Kembali ke Tim Inti Juventus, Simak Curhat dari Rugani

Rugani merupakan pilihan keempat di dalam skuad Juventus

Rep: Frederikus Bata/ Red: Muhammad Akbar
Daniele Rugani
Foto: EPA/DI MARCO
Daniele Rugani

REPUBLIKA.CO.ID, MILAN -- Perlahan tapi pasti Daniele Rugani menunjukkan kebangkitan. Belakangan, ia terus mendapatkan kepercayaan dari pelatih Juventus, Massimiliano Allegri.

Teranyar, bek tengah 27 tahun itu menjadi starter Juve di markas AC Milan. Kedua tim bertemu dalam lanjutan Liga Serie A Italia musim 2021/22. Duel di Stadion San Siro, Senin (24/1) dini hari WIB, berkesudahan imbang 0-0.

Rugani tampil sejak menit pertama. Ia berpasangan dengan Giorgio Chiellini. Kelima kalinya yang bersangkutan menjadi starter Bianconeri di kompetisi terelit negeri Spaghetti, sejauh musim ini berjalan.

"Saya senang dengan momen yang saya alami, karena saya telah menunggunya dengan tenang," kata sosok bernomor punggung 24 itu, dikutip dari laman resmi klubnya.

Rugani merupakan pilihan keempat di si Nyonya Tua. Ia berada di belakang Chiellini, Leonardo Bonucci, dan Matthis de Ligt. Musim lalu, ia hanya tampil dalam 14 laga di berbagai ajang. Saat itu, Juventus masih dilatih Andrea Pirlo.

Ia lantas dipinjamkan ke Rennes dan Cagliari. Sekembalinya ke Turin, yang bersangkutan masih sering menghuni bangku cadangan Juve, pada awal-awal musim ini. Bianconeri sudah tak dilatih Pirlo. Ada Allegri di sana.

Namun situasi terkini membuat Rugani muncul ke permukaan. Itu karena cedera yang dialami Bonucci. Kemudian, Chiellini yang telah menua.

Sang kapten kini berusia 37 tahun. Ia tak selalu bisa diandalkan di setiap pertandingan. Allegri merotasi skuadnya di area pertahanan.

Ia mengistirahatkan De Ligt. Nama terakhir juga pernah absen karena terkena hukuman larangan tampil. Berbagai fakta tersebut membuat Rugani mulai menjadi andalan Juventus.

"Saya memiliki hubungan yang sangat baik dengan pelatih. Sekarang saya senang dengan kepercayaan yang saya terima," ujar pemilik tujuh caps tim nasional Italia itu.

Selain melawan Rossoneri, Rugani juga mentas di berbagai partai bergengsi. Dua di antaranya ketika Juve meladeni ketangguhan AS Roma di Olimpico, serta saat Bianconeri berhadapan dengan Inter Milan di Piala Super Italia.

Klasemen Serie A Musim 2024
Pos Team Main Menang Seri Kalah Gol -/+ Poin
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement