Senin 24 Jan 2022 18:08 WIB

6 Cara Tetap Konsumsi Makanan Sehat Saat Lapar

Kadang rasa amat lapar bisa membuat seseorang menjadi makan sembarangan.

Rep: Haura Hafizhah/ Red: Dwi Murdaningsih
Makanan sehat (ilustrasi)
Foto: Flickr
Makanan sehat (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Rasa lapar bisa menghasilkan reaksi emosional pada diri kita. Ada beberapa orang yang menjadi lebih pemarah ketika lapar. 

Dilansir dari irish examiner pada Senin (24/1), Rasa lapar bisa memicu rasa lelah. Hal ini tidak dialami oleh semua individu. Kadang rasa amat lapar bisa membuat seseorang menjadi makan sembarangan. 

Baca Juga

Berikut ini adalah cara yang membuat Anda bisa tetap mengonsumsi makanan sehat ketika sedang lapar.

1. Biasakan Stok Buah dan Sayur

Buah dan sayur adalah pilihan yang cepat, bergizi dan hemat biaya untuk disimpan. Anda dapat membuat smoothie dan jus biasa untuk dikonsumsi.

2. Pastikan Makanan Seimbang

Makanan seimbang membuat Anda merasa kenyang lebih lama dan memberi Anda nutrisi yang dibutuhkan untuk mengisi bahan bakar tubuh Anda. Inilah sebabnya mengapa yang terbaik adalah menghindari hidangan kaya karbohidrat dan memastikan Anda mendapatkan campuran yang baik dari serat makanan, lemak tak jenuh yang sehat dan protein.

Jangan takut lemak tak jenuh. Makanan seperti alpukat, kacang-kacangan, minyak zaitun dan minyak ikan memiliki manfaat dan bisa membuat makanan lebih mengenyangkan.

3. Usahakan Porsi Sesuai 

Saat Anda menyiapkan makanan seimbang atau camilan sehat. Usahakan sesuai ukuran porsi Anda.

4. Tambahkan dengan Kacang

Cara lain untuk merasa puas lebih lama adalah dengan menambahkan kacang-kacangan seperti kacang merah, buncis atau lentil ke dalam makanan. Simpan di kulkas Anda dengan berbagai macam kacang. Dikemas dengan protein dan serat pengisi, tambahkan ke makanan apapun yang sudah Anda masak mulai dari kari hingga semur.

5. Bawa Snack Sendiri jika Bepergian

Apakah Anda sering menyerah pada jajanan yang manis saat bepergian?  jika Anda tahu bahwa Anda sering impulsif saat bepergian  pastikan untuk selalu membawa makanan ringan bergizi di tas Anda.

6. Tidur yang cukup

Ada beberapa orang yang suka ngemil lebih banyak saat Anda lelah. Untuk mencegahnya, pastikan Anda memiliki kualitas tidur yang baik dan cukup. Hal ini mempengaruhi hormon yang mengontrol seberapa lapar dan kenyang yang dirasakan.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement