Saturday, 26 Zulqaidah 1443 / 25 June 2022

Saturday, 26 Zulqaidah 1443 / 25 June 2022

26 Zulqaidah 1443
  • JELANG HUT BHAYANGKARA KE-76,< POLRI MENGADAKAN LOMBA MENEMBAK PATI TNI-POLRI BERSAMA INSAN PERS 10-11 JUNI 2022 DI BRIMOB KELAPA DUA

Singkirkan Guinea, Gambia Tantang Kamerun di Perempat Final Piala Afrika

Senin 24 Jan 2022 23:46 WIB

Red: Endro Yuwanto

Ebrima Colley dari Gambia (kiri) mengontrol bola saat pertandingan Piala Afrika 2022. Gambia memastikan lolos ke perempat final untuk menantang tuan rumah Kamerun.

Ebrima Colley dari Gambia (kiri) mengontrol bola saat pertandingan Piala Afrika 2022. Gambia memastikan lolos ke perempat final untuk menantang tuan rumah Kamerun.

Foto: AP/Sunday Alamba
Gambia melakoni debutnya di putaran final Piala Afrika dan belum terkalahkan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tim nasional (timnas) Gambia menjungkalkan Guinea untuk meraih kemenangan 1-0 dalam pertandingan babak 16 besar Piala Afrika 2021 di Stadion Olembe, Yaounde, Kamerun, Selasa (25/1/2022). Musa Barrow menjadi pencetak gol semata wayang kemenangan Gambia pada menit ke-71 saat penyerang klub Italia Bologna itu memanfaatkan umpan terobosan kiriman Yusupha Bobb.

Hasil itu melanjutkan catatan bersejarah bagi Gambia yang melakoni debutnya di putaran final Piala Afrika dan belum terkalahkan di Kamerun dari tiga pertandingan yang sudah dijalani.

Baca Juga

Sebelum Barrow memecahkan kebuntuan, Guinea yang di atas kertas lebih diunggulkan nyaris membuka keunggulan empat menit memasuki pertandingan dalam situasi sepak pojok. Sayangnya, penyelesaian Mohamed Bayo masih melayang tipis di atas mistar gawang.

Bayo kembali memperoleh peluang pada menit ke-38 setelah memanfaatkan bola muntah hasil tembakannya sendiri, sayang kali ini tendangannya mengarah tepat ke pelukan kiper Baboucarr Gaye.

Setelah tertinggal, talenta muda jebolan La Masia Ilaix Moriba beberapa kali memperoleh peluang untuk membawa Guinea menyamakan kedudukan, tetapi upaya gelandang RB Leipzig itu selalu gagal menembus barisan pertahanan Gambia.

Tiga menit jelang waktu normal usai, Gambia dipaksa melanjutkan permainan dengan sepuluh pemain karena gelandang serang Yusupha Njie yang baru masuk sejak menit ke-72 menerima kartu kuning kedua.

Namun, Gambia sukses menjaga skor 1-0 meski dengan sepuluh pemain. Guinea juga menutup laga dengan jumlah pemain yang sama karena Ibrahima Sory Conte II juga menerima kartu kuning kedua pada menit ketiga injury time.

Di perempat final nanti, Gambia akan menantang tuan rumah Kamerun yang mengalahkan Kepulauan Comoros di babak 16 besar.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

f
 

BERITA LAINNYA

 
hide ads show ads
desktop mobile