Wednesday, 17 Syawwal 1443 / 18 May 2022

Wednesday, 17 Syawwal 1443 / 18 May 2022

10 Orang Paling Berpengaruh di Korsel, BTS 'Kalahkan' Presiden

Selasa 25 Jan 2022 05:59 WIB

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Qommarria Rostanti

Kementerian Kebudayaan, Olahraga, dan Pariwisata Korea Selatan merilis daftar resmi 10 orang Korea paling berpengaruh pada 2021. BTS menempati posisi pertama (ilustrasi)

Kementerian Kebudayaan, Olahraga, dan Pariwisata Korea Selatan merilis daftar resmi 10 orang Korea paling berpengaruh pada 2021. BTS menempati posisi pertama (ilustrasi)

Foto: AP
BTS ada di daftar pertama jajak pendapat dengan 15,1 persen suara.

REPUBLIKA.CO.ID, SEOUL — Kementerian Kebudayaan, Olahraga, dan Pariwisata Korea Selatan merilis daftar resmi 10 orang Korea paling berpengaruh pada 2021. Hasilnya ditentukan melalui pemungutan suara dari 12.500 orang berusia di atas 16 tahun dari 24 negara berbeda di seluruh dunia, di mana negara Asia, Amerika Tengah dan Selatan, Timur Tengah, dan Afrika menunjukkan minat terbesar.

Delapan poin berbeda dipertimbangkan dalam pemungutan suara, dengan dua poin teratas adalah minat untuk merasakan budaya tradisional Korea (83,4 persen) dan minat pada bahasa Korea (54,5 persen). Dilansir di Korea Boo pada Selasa (25/1/2022), berikut adalah 10 orang Korea paling berpengaruh dari tahun lalu:

Baca Juga

1. BTS

photo
BTS. - (@amas/Instagram)
 

Tidak mengherankan jika BTS berada di urutan teratas daftar dengan selisih yang lebar. Sebagai grup K-pop paling terkenal di dunia dan salah satu boy band terbesar dalam sejarah musik, BTS telah menyebarkan budaya negara mereka melalui musiknya, dan interaksi mereka dengan berbagai orang di tingkat internasional. 

Mereka telah membuat dampak besar pada industri musik secara keseluruhan, bahkan banyak artis Barat yang ingin berkolaborasi dengan BTS. Mereka berada di tempat pertama dalam jajak pendapat ini dengan 15,1 persen suara.

2. Moon Jae-in

photo
Presiden Korea Selatan Moon Jae-in. - (Lukas Coch/Pool Photo via AP)
 

Moon Jae-in adalah presiden Korea Selatan saat ini, peran yang dia pegang sejak 2017. Beberapa tindakannya yang paling menonjol termasuk pertemuan dengan ketua Korea Utara, Kim Jong-un di KTT antar-Korea, menjadikannya presiden Korea Selatan ketiga yang bertemu rekan Korea Utara dalam sejarah negara itu. 

Dia menyukai reunifikasi damai dengan Korea Utara, dan belakangan ini, telah dipuji atas karyanya selama pandemi Covid-19. Dia berada di tempat kedua dalam jajak pendapat ini dengan 6,2 persen suara.

3. Blackpink

photo
Blackpink. - (YG/Interscope)
 

Blackpink adalah satu-satunya grup K-pop wanita yang masuk dalam daftar, yang menempati posisi tinggi berkat ketenarannya di seluruh dunia. Sedikit yang perlu dikatakan untuk menjelaskan popularitas mereka di antara penggemar Korea dan internasional, dengan penjualan album yang tinggi, unduhan lagu, dan penayangan video musik menjadi bukti cukup untuk mereka sendiri. Mereka berada di tempat ketiga dalam jajak pendapat ini dengan 6,1 persen suara.

4. Lee Min-ho

photo
Lee Min-ho - (EPA)
 

Aktor dengan peringkat tertinggi dalam daftar ini, Lee Min-ho bisa dibilang sebagai pemeran paling terkenal di dunia hiburan Korea Selatan. Karirnya dimulai pada 2003 dengan sebuah peran di “Secret Campus”, meskipun ia terkenal ketika berperan sebagai peran utama dalam “Boys Over Flowers” pada 2009. Sejak itu, dia membintangi banyak film dan serial lainnya, terutama  “The Heirs” (2013) dan “The King: Eternal Monarch” (2020). Dia berada di tempat keempat dalam jajak pendapat ini dengan 4,1 persen suara.

5. Son Heung-min

photo
Son Heung-min. - (John Walton/PA via AP)
 

Satu-satunya atlet yang masuk daftar, Son Heung-min adalah pemain sepak bola profesional Korea Selatan yang bermain sebagai penyerang untuk klub Liga Inggris, Tottenham Hotspur dan menjadi kapten tim nasional Korea Selatan. Saat ini, dia dianggap sebagai salah satu pemain sepak bola terbaik di dunia, serta salah satu pemain Asia terbaik dalam sejarah. 

Dia juga dianggap sebagai simbol kebanggaan nasional di Korea Selatan atas apa yang telah dia capai. Dia terdaftar dalam Korea Power Celebrity 40 di Forbes, di mana dia berada di peringkat nomor sembilan pada 2019 dan  nomor empat pada 2020 dan 2021. Dia berada di peringkat kelima tempat dalam jajak pendapat ini dengan 3,6 persen suara.

6. PSY

photo
Psy. - (REUTERS/Tim Wimborne)
 

PSY, tentu saja, paling terkenal dengan mega hit "Gangnam Style", dan berkat seberapa banyak lagu itu menyebar ke seluruh dunia, dia sendiri yang memperkenalkan jutaan orang pada budaya Korea. Hari-hari ini, dia dikenal sebagai CEO dari perusahaan hiburan buatannya sendiri, P Nation, yang menaungi artis K-pop seperti HyunA, DAWN, Jessi, Crush, dan Heize. Dia datang di tempat keenam dalam jajak pendapat ini dengan 2,2 persen suara.

7. Bong Joon-ho

photo
Sutradara asal Korea Selatan Bong Joon-Ho. - (EPA)
 

Bong Joon-ho paling dikenal sebagai sutradara film pemenang Academy Award 2019 Parasite. Film ini adalah yang terlaris tertinggi dalam sejarah Korea Selatan, serta film Korea Selatan pertama yang dinominasikan untuk Academy Awards. Sebelum daftar ini, ia juga termasuk dalam daftar orang berpengaruh lainnya, termasuk untuk TIME dan Bloomberg. Dia datang di tempat ketujuh dalam jajak pendapat ini dengan 1,6 persen suara.

8. Song Hye-kyo

photo
Song Hye-kyo - (EPA)
 

Song Hye-kyo memulai karier aktingnya pada 1996 saat berusia 14 tahun setelah memenangkan kontes modeling yang membuatnya menjadi pemeran untuk peran kecil dalam K-drama “First Love”. Dia juga telah membintangi belasan film dan acara televisi, terutama “Descendants of the Sun” (2016) dan “Now, We Are Breaking Up” (2021). Dia memenangkan total 27 penghargaan dalam karirnya. Dia datang di tempat kedelapan dalam jajak pendapat ini dengan 1,3 persen suara.

9. Song Joong-ki

photo
Song Joong-ki - (EPA)
 

Salah satu dari beberapa aktor yang masuk dalam daftar ini, Song Joong-ki memulai karier aktingnya pada 2008 dalam film A Frozen Flower pada usia 23 tahun. Sejak itu, dia telah membintangi puluhan film dan acara televisi, beberapa karyanya yang paling terkenal termasuk “Descendents of the Sun” (2016) dan “Vincenzo” (2021). Dia juga telah memenangkan lebih dari 30 penghargaan berbeda selama kariernya. Dia datang di tempat kesembilan dalam jajak pendapat ini dengan 1,3 persen suara.

10. Ban Ki-moon

 

photo
Ban Ki-moon - (EPA-EFE/YONHAP SOUTH KOREA OUT)
 

Mungkin nama yang paling asing bagi orang luar negeri dalam daftar ini, Ban Ki-moon adalah seorang politisi dan diplomat Korea Selatan yang menjabat sebagai Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa kedelapan dari Januari 2007 hingga Desember 2016. Saat ini, ia adalah ketua bersama untuk Global Center on Adaptation, yang terlibat dalam kegiatan kebijakan tingkat tinggi, penelitian, komunikasi, dan bantuan teknis kepada pemerintah dan sektor swasta. Dia datang di tempat kesepuluh dalam jajak pendapat ini dengan 1,3 persen suara.

 

Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

f
 

BERITA LAINNYA

 
hide ads show ads
desktop mobile