Selasa 25 Jan 2022 16:42 WIB

Dosen Palestina Diskors Universitas Inggris karena Tweet Anti-Israel

Shahd Abusalama diangkat sebagai Dosen Pembantu di Universitas Sheffield Hallam

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Esthi Maharani
Bendera Palestina
Foto: Reuters
Bendera Palestina

REPUBLIKA.CO.ID, SHEFFIELD -- Dosen asal Palestina, Shahd Abusalama, telah diskors oleh Universitas Sheffield Hallam sehingga tidak bisa mengajar karena mengunggah soal anti-Israel di di media sosial. Abusalama adalah aktivis dan mahasiswa PhD dari Gaza, yang diangkat sebagai Dosen Pembantu di universitas itu bulan lalu.

Namun, Abusalama diberitahu sehari sebelumnya tentang pembatalan kelasnya ketika penyelidikan atas dugaan komentar antisemitnya dilakukan. Seorang pejabat universitas menyampaikan, penyelidikan telah dimulai setelah mereka menerima pengaduan terhadap Abuslama hingga pada akhirnya penyelidikan menyimpulkan bahwa dia tidak akan diizinkan untuk mengajar.

Baca Juga

Otoritas universitas tidak merinci kelompok atau individu yang mengajukan keluhan yang menyebabkan penangguhannya. Abusalam adalah juru kampanye hak-hak Palestina profil tinggi dan kritikus vokal dari definisi antisemitisme yang diadopsi oleh International Holocaust Remembrance Alliance (IHRA) yang menyebut kritik keras terhadap Israel mirip dengan kefanatikan anti-Yahudi.

Abusalama mentweet, "Keluarga, teman, dan pengikut, saya diserang baru-baru ini oleh publikasi Zionis yang memprotes penunjukan saya baru-baru ini sebagai Associate Lecturer di Universitas Sheffield Hallam, di mana saya juga baru-baru ini menyerahkan disertasi PhD tentang representasi historis pengungsi Palestina di kolonial, film dokumenter kemanusiaan dan Palestina, dari tahun 1917 dan 1993. Kampanye pencemaran nama baik Zionis oleh Berita Yahudi, Kampanye Melawan Antisemitisme dan Kronik Yahudi bergabung dengan pola sejarah di mana narasi kolonial Zionis secara konsisten diistimewakan daripada narasi kaum tertindas."

"Saya terkejut, komunitas akademik saya tampaknya lebih tertarik untuk melindungi reputasinya daripada kebebasan dan kesejahteraan akademik saya," kata Abusalama, seperti dilansir 5 Pillars, Selasa (25/1/2022).

Di situs webnya, Campaign Against Antisemitism (CAA) mengatakan, Abusalama membagikan tweet yang membela seorang siswa tahun pertama yang telah membuat poster yang mengatakan "Hentikan Holocaust Palestina" dan yang dituduh oleh seorang mahasiswa Yahudi antisemitisme.

Abusalama membela mahasiswa dengan mengutip orang-orang Yahudi yang telah membuat analogi yang sama. Saya mengerti mengapa seorang mahasiswa tahun pertama menggunakan #Holocaust ketika memikirkan pemboman berulang Israel di Gaza. Mungkin dia pikir dia akan mengumpulkan simpati Eropa untuk Palestina dengan membangkitkan slogan 'Never Again'," kata Abusalama dalam cuitannya.

Sementara itu, sebuah surat yang ditandatangani oleh lebih dari 60 serikat mahasiswa dan perkumpulan mahasiswa dari universitas yang berbeda menuntut universitas tersebut membatalkan keputusannya dan mengeluarkan permintaan maaf publik atas kerugian yang ditimbulkan pada Abuslama.

Surat itu berbunyi, "Universitas Sheffield Hallam kini telah menjadikan dirinya kaki tangan dalam penargetan tak henti-hentinya terhadap akademisi dan mahasiswa Palestina di kampus-kampus Inggris. Shahd Abusalama tidak hanya menjadi juru kampanye yang luar biasa, terus berjuang untuk hak-hak Palestina meskipun tindakan keras pemerintah mengintensifkan aktivisme Palestina, dia juga telah menjadi sosok yang menginspirasi dalam komunitas Palestina sejak tiba di Inggris."

"Dia telah memberikan dukungan besar bagi kami sebagai siswa, bekerja sama dengan banyak dari kami saat kami mulai terlibat dalam aktivisme mahasiswa, dan mengutamakan keselamatan dan kesejahteraan kami. Tuduhan ini tidak hanya merupakan penghinaan besar terhadap karakter Shahd sebagai aktivis-cendekiawan anti-rasis yang eksplisit, tetapi merupakan upaya yang jelas untuk menghancurkan kekuatan dan kepercayaan dirinya sebagai orang yang berbicara secara terbuka tentang kejahatan perang Israel."

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement