Selasa 25 Jan 2022 16:47 WIB

Kota Cirebon Mulai Suntikkan Vaksin Booster

Vaksinasi booster hari ini disediakan 4.000 vial vaksin jenis AstraZeneca. 

Rep: Lilis Sri Handayani/ Red: Agus Yulianto
Wakil Wali Kota Cirebon Eti Herawati.
Foto: Dok Pemkot Cirebon
Wakil Wali Kota Cirebon Eti Herawati.

REPUBLIKA.CO.ID, CIREBON -- Vaksinasi Covid-19 dosis ketiga atau booster di Kota Cirebon, dimulai, Selasa (25/1). Vaksinasi booster pada tahap awal ini diprioritaskan bagi masyarakat lanjut usia (lansia) dan pekerja di pelayanan publik, termasuk pegawai pemerintahan hingga jurnalis di Kota Cirebon.

Wakil Wali Kota Cirebon, Eti Herawati, mengatakan, vaksinasi dosis tiga merupakan ikhtiar pemda dalam mencegah penularan Covid-19, terutama varian Omicron. Pada tahap awal ini dilaksanakan di gedung Setda Kota Cirebon dan Grage City Mall. 

Baca Juga

"Kami terus berupaya agar tidak terjadi lonjakan kasus. Makanya, kami mulai vaksinasi dosis tiga," kata Eti, saat peluncuran vaksinasi Covid-19 dosis tiga di gedung setda.

Lansia dan pelayan publik, lanjut Eti, rentan tertular Covid-19. Bagi lansia, dikarenakan imun menurun. Sedangkan pelayan publik, hampir setiap hari berinteraksi dengan masyarakat. 

Eti mengungkapkan, meski sudah divaksin dosis tiga, namun masyarakat maupun pekerja pelayan publik diharapkan tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan. Bahkan untuk sementara waktu, mereka juga diminta untuk tidak melakukan perjalanan ke luar negeri. 

"Prokes dengan menjaga jarak, memakai masker, mencuci tangan, menghindari kerumunan, dan membatasi mobilitas, harus dijaga," tegas Eti.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Cirebon, Edy Sugiarto, menerangkan, untuk vaksinasi booster hari ini disediakan 4.000 vial vaksin jenis AstraZeneca. Pelaksanaannya dibagi dua, yakni di kantor setda dan di Grage City Mall.

"Mereka yang boleh divaksin dosis tiga minimal telah melewati masa enam bulan setelah vaksin dosis kedua, terdata di aplikasi PeduliLindungi. Jadi tidak bisa asal vaksin,’’ tandas Edy. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement