Rabu 26 Jan 2022 00:44 WIB

Susu Bisa Cegah Stunting pada Anak

Susu sapi juga penting untuk mencegah stunting pada anak.

Red: Dwi Murdaningsih
Minum susu
Foto: ivillage.com
Minum susu

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Guru besar Bidang Gizi Kesehatan Masyarakat Prof. Dr. drg Sandra Fikawati, MPH menjelaskan selain ASI, susu sapi juga penting untuk mencegah stunting pada anak. Wakil ketua Pusat Kajian Gizi dan Kesehatan (PKGK) FKMUI mengatakan sebagai upaya pencegahan dan pengendalian stunting, protein hewani mutlak dibutuhkan.

"Hal ini dikarenakan protein hewani memiliki kandungan asam amino esensial yang lengkap, yang berperan penting dalam proses tumbuh kembang anak," kata Sandra saat diskusi daring, Selasa (25/1/2022).

Baca Juga

Sandra juga menjelaskan bahwa produk susu juga merupakan salah satu protein hewani yang paling efektif dalam menurunkan risiko stunting. Sebab susu dapat membantu pertumbuhan jaringan otot dan tulang serta mengandung hormon yang baik untuk tumbuh kembang anak.

"Produk susu merupakan salah satu protein hewani yang dinilai paling efektif dalam menurunkan risiko stunting, dibandingkan dengan protein hewani lainnya. Meskipun demikian perlu diingat bahwa asupan protein hewani dan jenis makanan lainnya yang bervariasi tetap penting untuk dipenuhi," jelas Sandra.

Sandra mengatakan susu juga membantu tubuh membangun jaringan otot dan tulang ketika berada dalam fase pemulihan. Selain itu, susu juga mengandung hormon.

"Nah ini juga yang sangat penting kalau kita bicara mengenai stunting," tambahnya.

Sandra pun mengimbau agar masyarakat tetap memberikan susu kepada anak-anak meskipun sudah terlepas dari masa pemberian ASI. Tak hanya itu, Sandra juga mengatakan bahwa sebaiknya orang dewasa pun juga ikut mengonsumsi susu.

"Manfaat susu bagi manusia juga sudah disampaikan di beberapa kitab suci. Jadi tidak ada alasan kalau kita tidak mau memberikan susu kepada anak. Bahkan sampai dewasa pun susu itu menjadi sangat penting," ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement