Saturday, 26 Zulqaidah 1443 / 25 June 2022

Saturday, 26 Zulqaidah 1443 / 25 June 2022

26 Zulqaidah 1443
  • JELANG HUT BHAYANGKARA KE-76,< POLRI MENGADAKAN LOMBA MENEMBAK PATI TNI-POLRI BERSAMA INSAN PERS 10-11 JUNI 2022 DI BRIMOB KELAPA DUA

Kebiasaan Makan Ini Bisa Bikin Kulit Lebih Muda

Selasa 25 Jan 2022 22:19 WIB

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Qommarria Rostanti

Kebiasaan makan ini bisa bikIn kulit lebih muda. (ilustrasi)

Kebiasaan makan ini bisa bikIn kulit lebih muda. (ilustrasi)

Foto: Boldsky
Pola makan yang sehat dan tepat diyakini dapat membantu Anda terlihat lebih muda.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kecepatan penuaan kulit sangat bergantung pada genetika. Namun faktor eksternal seperti polusi dan pola makan juga dapat membuat perbedaan besar. Pola makan yang sehat dan tepat diyakini dapat membantu Anda terlihat lebih muda. 

Kini, para ahli telah memecahkan kode rahasia untuk membuat kulit terlihat lebih muda hingga satu dekade. Berikut beberapa tip yang direkomendasikan ahli untuk menjaga kesehatan kulit seperti dilansir di Times Now News, Rabu (26/1/2022):

Baca Juga

1. Makan tomat

Tomat sering ditemukan dalam salad hingga masakan. Ternyata, tomat bisa menjadi kunci untuk menghindari kunjungan ke dokter kulit. 

Tomat mengandung likopen yang kaya antioksidan esensial, sehingga dapat membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar UV. Dua ons tomat yang dimasak dalam minyak zaitun yang dikonsumsi dalam sehari, bisa bekerja dengan baik dalam melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari. 

2. Makan ikan berlemak

Para ahli telah menekankan pentingnya makan ikan untuk kesehatan rambut, kulit dan mata. Salmon, misalnya, kaya akan asam lemak omega-3, nutrisi yang membantu mengatasi peradangan terkait kulit. Protein ikan juga membantu dalam pembentukan kolagen dan elastin yang membantu meningkatkan elastisitas kulit. 

3. Masak makanan dengan minyak zaitun ekstra virgin

Minyak zaitun adalah sumber asam lemak omega-3 yang kaya. Sekitar 73 persen minyak zaitun adalah lemak tak jenuh tunggal, dan sisanya mengandung antioksidan seperti tokoferol, beta karoten, dan fenolik. 

Studi menunjukkan bahwa memasak makanan dengan minyak zaitun dapat membantu mengurangi tanda-tanda penuaan dan juga mengurangi kerusakan akibat sinar matahari. Antioksidan membantu melepaskan stres oksidatif, penanda penting lainnya yang terkait dengan peradangan dan penuaan setelahnya. 

4. Makan minimal lima buah plum dalam sehari

Buah plum kaya akan vitamin C yang bisa memberikan manfaat untuk kesehatan kulit dan pembuluh darah. Asupan vitamin C yang cukup dapat menghambat munculnya kerutan, kulit kasar dan tanda penuaan lain. Sebuah studi pada 2017 juga menyimpulkan bahwa viamin C bekerja sebagai faktor pelindung terhadap sinar UV dan menstimulasi sistesis kolagen. 

Penelitian lain juga mengaitkan asupan buah kering ini dalam jumlah tertentu untuk kesehatan tulang yang lebih baik. Artinya, plum bisa membantu memperbaiki postur tubuh sehingga membuat Anda terlihat lebih muda. Plum diperkaya dengan antioksidan, potasium, boron dan vitamin K, lima hingga enam buah plum yang dimakan dalam sehari dapat memperkuat tulang secara signifikan.

Baca juga : Skip Satu Bahan Makanan Ini Kalau Ingin Hilangkan Lemak Perut

BACA JUGA: Ikuti News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

f
 

BERITA LAINNYA

 
hide ads show ads
desktop mobile