Rabu 26 Jan 2022 07:55 WIB

Roy Hodgson Resmi Gantikan Ranieri Sebagai Juru Taktik Watford

Hodgson diharapkan bisa membawa Watford bertahan di Liga Primer Inggris.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Endro Yuwanto
Pelatih Crystal Palace, Roy Hodgson.
Foto: EPA-EFE/Dave Thompson
Pelatih Crystal Palace, Roy Hodgson.

REPUBLIKA.CO.ID, WATFORD -- Watford resmi menunjuk Roy Hodgson sebagai pelatih anyar tim utama. Eks pelatih timnas Inggris itu akan menggantikan Claudio Ranieri, yang dipecat manajemen klub, usai gagal membawa the Hornets memetik kemenangan di sembilan laga terakhir.

Terakhir, Watford dipermalukan Norwich City, 0-3, akhir pekan lalu. Kekalahan ini sekaligus menjadi laga terakhir Ranieri sebagai pelatih the Hornets.

Baca Juga

Pelatih asal Italia itu tercatat hanya 16 pekan menukangi the Hornets. Selama periode tersebut, Ranieri mempersembahkan dua kemenangan dari 13 laga di pentas Liga Primer Inggris buat Watford.

Manajemen klub pun memilih memecat pelatih berjuluk the Tinkerman tersebut dan menunjukan Roy Hodgson sebagai penggantinya. Pelatih berusia 74 tahun itu menjadi pelatih permanen ke-15 the Hornets dalam 10 tahun terakhir, atau sejak resmi diakuisi keluarga Pozzo.

Tidak hanya itu, Hodgson juga menjadi pelatih ketiga Watford ketiga pada musim ini, setelah Xisco Munez dan Claudio Ranieri.

''Watford mengumumkan penunjukan Roy Hodgson sebagai pelatih klub. Mantan pelatih timnas Inggris itu akan bergabung bersama asisten pelatih, Ray Lewington, yang sempat menangani tim utama Watford pada 2002 hingga 2005,'' tulis pernyataan resmi Watford, Rabu (26/1/2022).

Kendati tidak menyebut durasi kontrak bersama Watford, Hodgson dikabarkan diikat dengan kontrak jangka pendek, yaitu hingga akhir musim ini. Eks pelatih Liverpool itu pun diharapkan bisa membawa the Hornets bertahan di Liga Primer Inggris musim ini.

Telah merumput dalam 20 laga, the Hornets masih terpuruk di peringkat ke-19 klasemen sementara dengan koleksi 14 poin. Tom Cleverley dan kawan-kawan hanya terpaut dua poin dari peringkat ke-17, yang ditempati Norwich City.

Sebelumnya, Hodgson berhasil membawa Fulham bertahan di Liga Primer Inggris pada musim 2007/2008, West Bromwich Albion (2011/2012), dan Crystal Palace (2017/2018). Lawatan ke kandang Burnley, dua pekan mendatang, bakal menjadi laga debut Hodgson menukangi tim yang berbasis di Stadion Vicarage Road.

Watford menjadi klub pertama Hodgson setelah memutuskan mundur dari kursi pelatih Palace pada akhir musim lalu. Di Watford, pelatih asal Inggris itu akan kembali bereuni dengan Ben Foster dan Tom Cleverley, yang pernah bekerja sama dengannya kala menukangi timnas Inggris.

Buat Hodgson, Watford adalah klub ke-17 yang pernah ditangani di sepanjang kariernya. Sebelumnya, Hodgson sempat menangani 16 klub berbeda di enam negara Eropa, termasuk dua kali menangani Inter Milan. Selain itu, Hodgson juga pernah menukangi empat tim nasional, mulai dari Swiss, Uni Emirat Arab, Finlandia, dan Inggris.

Klasemen Premier League Musim 2024
Pos Team Main Menang Seri Kalah Gol -/+ Poin
Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
اَللّٰهُ لَآ اِلٰهَ اِلَّا هُوَۚ اَلْحَيُّ الْقَيُّوْمُ ەۚ لَا تَأْخُذُهٗ سِنَةٌ وَّلَا نَوْمٌۗ لَهٗ مَا فِى السَّمٰوٰتِ وَمَا فِى الْاَرْضِۗ مَنْ ذَا الَّذِيْ يَشْفَعُ عِنْدَهٗٓ اِلَّا بِاِذْنِهٖۗ يَعْلَمُ مَا بَيْنَ اَيْدِيْهِمْ وَمَا خَلْفَهُمْۚ وَلَا يُحِيْطُوْنَ بِشَيْءٍ مِّنْ عِلْمِهٖٓ اِلَّا بِمَا شَاۤءَۚ وَسِعَ كُرْسِيُّهُ السَّمٰوٰتِ وَالْاَرْضَۚ وَلَا يَـُٔوْدُهٗ حِفْظُهُمَاۚ وَهُوَ الْعَلِيُّ الْعَظِيْمُ
Allah, tidak ada tuhan selain Dia. Yang Mahahidup, Yang terus menerus mengurus (makhluk-Nya), tidak mengantuk dan tidak tidur. Milik-Nya apa yang ada di langit dan apa yang ada di bumi. Tidak ada yang dapat memberi syafaat di sisi-Nya tanpa izin-Nya. Dia mengetahui apa yang di hadapan mereka dan apa yang di belakang mereka, dan mereka tidak mengetahui sesuatu apa pun tentang ilmu-Nya melainkan apa yang Dia kehendaki. Kursi-Nya meliputi langit dan bumi. Dan Dia tidak merasa berat memelihara keduanya, dan Dia Mahatinggi, Mahabesar.

(QS. Al-Baqarah ayat 255)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement