Friday, 19 Syawwal 1443 / 20 May 2022

Friday, 19 Syawwal 1443 / 20 May 2022

Timnas Indonesia Vs Timor Leste, Peluang Garuda Muda Curi Panggung

Rabu 26 Jan 2022 04:17 WIB

Rep: Muhammad Ikhwanuddin/ Red: Endro Yuwanto

Sejumlah pesepak bola timnas Indonesia melakukan latihan di Lapangan Trisakti, Legian, Badung, Bali, Jumat (21/1/2022). Timnas Indonesia melakukan pemusatan latihan di Bali menjelang dua pertandingan uji coba internasional melawan Timor Leste di Stadion Kapten I Wayan Dipta Bali pada 27 dan 30 Januari 2022.

Sejumlah pesepak bola timnas Indonesia melakukan latihan di Lapangan Trisakti, Legian, Badung, Bali, Jumat (21/1/2022). Timnas Indonesia melakukan pemusatan latihan di Bali menjelang dua pertandingan uji coba internasional melawan Timor Leste di Stadion Kapten I Wayan Dipta Bali pada 27 dan 30 Januari 2022.

Foto: ANTARA/Fikri Yusuf
Jika melirik statistik, Indonesia masih jauh lebih unggul dibandingkan Timor Leste.

REPUBLIKA.CO.ID, GIANYAR -- Timnas Indonesia akan menjalani laga FIFA Matchday kontra Timor Leste di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali, Kamis (27/1/2022) malam WIB. Kemudian, laga serupa yang kedua akan dihelat pada Ahad (30/1/2022).

Jika melirik statistik, Indonesia masih jauh lebih unggul dibandingkan Timor Leste. Dalam head-to-head di dua pertandingan terakhir, Indonesia menyapu bersih dengan kemenangan penuh.

Baca Juga

Melihat rekam jejak, Timor Leste juga menelan empat kekalahan beruntun di semua kompetisi. Negeri Tetangga ini bahkan sempat takluk 0-7 di tangan Myanmar pada ajang Piala AFF 2020, Desember 2021 lalu. Tak hanya itu, Timor Leste sama sekali belum mencetak gol dan kebobolan 13 kali selama kompetisi tingkat Asia Tenggara itu berlangsung.

Sementara bagi Indonesia, status runner-up Piala AFF 2020 dapat menjadi pemecut semangat anak-anak asuh Shin Tae-yong. Hanya menelan satu kekalahan dari lima laga terakhir membuat Indonesia lebih percaya diri.

Di peringkat FIFA, Indonesia yang kini bertengger di peringkat ke-164 sementara Timor Leste ada di urutan ke-196, membuat tim Merah-Putih berada di atas angin. Meski demikian, skuad Garuda tidak boleh angkat dagu tinggi-tinggi karena tidak akan menurunkan susunan tim yang sama seperti di Piala AFF tempo hari.

Dalam FIFA Matchday kali ini, Shin Tae-yong memanggil lima pemain muda yang diproyeksikan bakal tampil di Piala AFF U-23 pada Februari 2022 mendatang. Nama-nama itu adalah Bayu Fiqri (21 tahun), Adi Satriyo (20), Achmad Figo (20), Marselino Ferdinan (17), dan Ronaldo Kwateh (17).

Di sektor penjaga gawang, Shin Tae-yong tetap memanggil Nadeo Argawinata untuk berdiri di bawah mistar gawang. Sementara, dua bek andalan Rizky Ridho dan Alfeandra Dewangga juga kemungkinan besar kembali tampil.

Perubahan signifikan justru ada pada sisi fullback lantaran Pratama Arhan terbekap cedera dan Asnawi Mangkualam harus kembali ke Korea Selatan untuk membela Ansan Greeners.

Pemain muda Persib Bandung, Bayu Fiqri, dapat menggantikan Asnawi untuk sementara. Jika dimainkan, maka laga besok akan menjadi debut bagi Bayu di timnas senior. Kemudian, Edo Febriansyah yang sudah dipanggil ke Piala AFF kemungkinan bakal mengisi pos yang ditinggalkan Pratama.

Di lini tengah, Shin kembali mempercayakan tanggung jawab kepada Ricky Kambuaya, Rachmat Irianto, dan Evan Dimas. Tidak ada pergantian di sektor ini membuat Indonesia diprediksi akan tampil impresif dalam menjaga penguasaan bola.

Kemudian di sektor sayap, Irfan Jaya masih mendapat satu tempat di tim utama. Sementara Witan Sulaeman yang sudah terbang ke Slovakia untuk memperkuat FK Senica bersama Egy Maulana Vikri, akan diganti oleh Terens Puhiri yang bakal mencatat debutnya.

Di lini depan, Shin Tae-yong memanggil Dedik Setiawan, Hanis Saghara, dan Muhammad Rafli. Striker menjadi salah satu pekerjaan rumah yang harus dibereskan Shin karena dinilai masih lemah dalam penyelesaian akhir.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

f
 

BERITA LAINNYA

 
hide ads show ads
desktop mobile