Definisi dan Jenis-Jenis Karya Ilmiah yang Perlu Diketahui

Rep: Wilda Fizriyani/ Red: Yusuf Assidiq

Sejumlah kafilah mengikuti semi final lomba Musabaqah menulis makalah ilmiah Alquran dalam rangkaian MTQ Nasional.
Sejumlah kafilah mengikuti semi final lomba Musabaqah menulis makalah ilmiah Alquran dalam rangkaian MTQ Nasional. | Foto: Republika/Raisan Al Farisi

REPUBLIKA.CO.ID,  MALANG -- Karya ilmiah merupakan hal yang tidak asing lagi di dunia pendidikan. Pembuatan karya ini acap menjadi tugas siswa dan mahasiswa di masing-masing lembaga pendidikannya.

Pateda yang dikutip oleh Esti Ismawati dalam buku Bahasa Indonesia: Untuk Penulisan Karya Ilmiah mendefinisikan karya ilmiah sebagai hasil pemikiran ilmiah pada suatu disiplin ilmu tertentu. Hasil pemikiran ilmiah ini disusun secara sistematis, logis, benar, bertanggung jawab, dan menggunakan bahasa baik serta benar.

Pada bukunya, Esti membagi empat jenis karya ilmiah, yakni makalah, artikel ilmiah, ringkasan/resume kuliah, dan resensi buku :

Makalah

Makalah merupakan tulisan resmi suatu pokok yang dimaksudkan untuk dibacakan di muka umum dalam suatu persidangan dan yang sering disusun untuk diterbitkan. Makalah juga bisa berarti karya tulis pelajar atau mahasiswa sebagai laporan hasil pelaksanaan tugas sekolah atau perguruan tinggi.

Berdasarkan struktur penyajiannya, makalah dibedakan menjadi dua, yakni makalah deduktif dan makalah induktif. Makalah deduktif biasanya membahas masalah tertentu atau dasar teori tertentu dan bertujuan untuk memecahkan problematika yang dipilih. Sementara itu, makalah induktif lebih menyajikan deskripsi data, fakta dan gejala yang diperoleh melalui pengamatan lapangan.

Artikel ilmiah

Artikel termasuk karya tulis lengkap yang berasal dari hasil penelitian atau hasil berpikir kritis atas masalah-masalah tertentu. Artikel ilmiah mempunyai bentuk, struktur dan sifat tertentu. Penulisannya juga harus mengikuti kaidah, pola dan teknik tertentu.

Proses penelitian artikel ilmiah sebenarnya hampir sama dengan makalah. Namun artikel ilmiah lebih menambahkan pada bagian abstrak dan kata kunci. Abstrak merupakan perasan dari isi artikel ilmiah sedangkan kata kunci termasuk istilah yang memuat konsep dasar dari artikel tersebut.

Ringkasan/resume kuliah

Ringkasan atau resume kuliah termasuk tulisan yang berisi garis besar dari isi kuliah yang diikuti. Tulisan ini setidaknya harus memfokuskan pada aspek apa, mengapa dan bagaimana topik perkuliahan yang akan diringkas. Selain materi yang diterima, dasar utama ringkasan juga harus dipadu dengan sumber lain yang relevan.

Resensi buku

Resensi merupakan sebuah tulisan pertimbangan atau perbincangan tentang buku yang dimuat di surat kabar atau majalah. Tulisan ini berisi penilaian tentang kelebihan dan kekurangan sebuah buku, serta menarik atau tidaknya buku tersebut. Struktur resensi buku terdiri atas bagian pendahuluan (informasi identitas buku), isi (ulasan isi buku) dan penutup (berisi penilaian, saran dan kritik terhadap isi buku)

BACA JUGA: Ikuti News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id

Terkait


Universitas BSI Gelar Pelatihan Pemanfaatan ICT di Dunia Pendidikan

Permendikbud PPKS (Seharusnya) Mengatur Seks Bebas Juga

Politikus Diminta Fokus Bantu Dunia Pendidikan

Kunci Kemajuan Bangsa adalah Pendidikan yang Merata

Kapolda Metro Jaya Kunjungi Sentra Vaksin BEM UEU

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan DIY, Jawa Tengah & Jawa Timur. Jalan Perahu nomor 4 Kotabaru, Yogyakarta

Phone: +6274566028 (redaksi), +6274544972 (iklan & sirkulasi) , +6274541582 (fax),+628133426333 (layanan pelanggan)

yogya@republika.co.id

Ikuti

× Image
Light Dark