Kamis 27 Jan 2022 17:59 WIB

Film Superhero Marvel 'Jadul' yang Mungkin Belum Pernah Anda Tonton

Ada beberapa film Marvel yang kurang dikenal dan jarang yang menontonnya.

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Qommarria Rostanti
Film superhero Marvel jadul yang mungkin belum pernah Anda tonton. (ilustrasi).
Foto: NBCUniversal Television Distribution
Film superhero Marvel jadul yang mungkin belum pernah Anda tonton. (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, LOS ANGELES -- Marvel Cinematic Universe (MCU) selalu mendulang kesuksesan pada setiap perilisan filmnya. Yang paling teranyar adalah film Spider-Man: No Way Home. Munculnya Doctor Strange juga membuat MCU akan menggali lebih jauh lagi soal karakter ini.

Namun, ada beberapa film Marvel yang kurang dikenal dan hampir pasti jarang yang menontonnya. Lima film ini akan sulit berhasil masuk ke peringkat film Marvel terbaik, tetapi mereka adalah karya yang menarik dalam diri mereka sendiri. Apa saja itu?

Baca Juga

1. The Incredible Hulk Returns

photo
Film The Incredible Hulk Returns. - (NBC)

 

Film yang dirilis pada 1988 ini seolah menjadi sebuah film TV untuk melanjutkan kisah 1978 seri The Incredible Hulk, tetapi juga dimaksudkan untuk menjadi pilot pintu belakang seri "Thor", yaitu pengenalan Eric Kramer sebagai Thor.

Serial "Thor" gagal terwujud, meskipun itu tidak menghentikan NBC untuk mencoba lagi dengan The Trial of the Incredible Hulk yang menampilkan Rex Smith sebagai Matt Murdoch/Daredevil dan John Rhys-Davies sebagai Wilson Fisk/The Kingpin.

2. Generation X

photo
Film Generation X. - (New World Entertainment)

 

Film TV lain yang dimaksudkan sebagai pilot, adalah Generation X, film beranggaran rendah yang cukup menghibur dirilis pada 1996. Cerita ini berlatar di Sekolah Xavier untuk Anak Muda Berbakat meskipun tidak ada tanda-tanda Profesor; sebagai gantinya.

Murid-murid mereka termasuk Jubilee yang bukanlah orang Asia dan Matt ‘Max Headroom’ Frewer. Film ini terkenal karena menjadikan Hatley Castle, rumah besar yang sama yang ditampilkan dalam beberapa film X-Men selanjutnya, meskipun terlihat sekali minim bajet.

3. Man-Thing

photo
Film Man-Thing. - (Sci-Fi Pictures)

 

Man-Thing dari Marvel dan Swamp Thing dari DC, keduanya adalah monster rawa humanoid, tetapi Man-Thing digambarkan sebagai binatang yang hampir tidak bisa berpikir. Jadi, sudah sepantasnya film Man-Thing tahun 2005 membuatnya menjadi momok dalam cerita horor lingkungan.

Ada upaya untuk membuat Man-Thing terlihat seperti Cthulhu karya dari HP Lovecraft. Untungnya, ada banyak efek praktisnya. Konon, Man-Thing gagal menggunakan kemampuannya yang paling terkenal yaitu membakar orang yang takut padanya.

4. The Fantastic Four

photo
Film The Fantastic Four. - (New Horizons Pictures)

 

The Fantastic Four tahun 1994 adalah kisah yang luar biasa. Ceritanya berhasil menghubungkan asal usul Fantastic Four dan mengatur mereka untuk melawan Doctor Doom, seperti yang dilakukan pada film 2005.

Meskipun para aktor memberikan beberapa penampilan yang baik, anggaran terbatas film ini sangatlah terlihat, dari efek peregangan gaya ‘Lego on a stick’, hingga riasan efek khusus. Jika bukan karena penggunaan CGI sangat jelek, penonton akan mengira itu dibuat pada 1980-an.

5. Dr. Strange

photo
Film Dr. Strange. - (NBCUniversal Television Distribution)

 

Film Dr. Strange tahun 1978 dibintangi Peter Hooten sebagai Strange, serta menambang legenda Arthurian dan katalog penjahat Marvel untuk melawan Morgan Le Fay. Faktanya, film ini tidak mengingatkan penonton pada Darkplace Garth Marenghi, sampai ke efek trippy.

Strange sendiri tidak terlalu disukai dan tidak seperti Strange di MCU sekarang, dulu Strange menyerahkan kekuatannya. Film 1978 ini dimaksudkan sebagai pilot sehingga mungkin karakternya akan tumbuh dari waktu ke waktu, tetapi ternyata itu tidak pernah dibuat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement