Ahad 30 Jan 2022 06:18 WIB

Bintang Penunjuk Arah Jadi Gambar Pertama yang Dikirim Teleskop Webb

Bintang Biduk ini sering digunakan sebagai navigasi kapal, nelayan, dan pertanian.

Rep: antariksa/ Red: Partner
.
Foto: network /antariksa
.

Target pertama Teleskop Luar Angkasa James Webb, sebuah bintang bernama HD 84406, terletak di konstelasi Ursa Major, dekat Biduk. (Kredit gambar: <a href=SkySafari
Target pertama Teleskop Luar Angkasa James Webb, sebuah bintang bernama HD 84406, terletak di konstelasi Ursa Major, dekat Biduk. (Kredit gambar: SkySafari

ANTARIKSA -- Bintang yang menjadi target pertama James Webb Space Telescope (JWST) ada di Biduk, rasi bintang yang sering digunakan orang terdahulu sebagai penunjuk arah. Bintang yang sangat terang itu bernama HD 84406. Ia akan menjadi objek percobaan Teleskop Luar Angkasa itu dalam mengintegrasikan 18 cerminnya, sebelum resmi memulai pengamatan ilmiah pada Juni 2022 nanti.

"Bintang pertama yang akan dilihat Webb adalah HD 84406, bintang mirip matahari yang berjarak sekitar 260 tahun cahaya," cuit pejabat NASA pada Jumat, 28 Januari 2022, melalui akun Twitter resmi JWST.

HD 84406 terletak di konstelasi Ursa Major, yang berarti 'Beruang Besar' dalam bahasa Latin. Asterisme Biduk atau pola bintang, sebenarnya adalah bagian dari konstelasi ini. Itu digambarkan sebagai ekor dari binatang berbulu tersebut.

Konsepsi Teleskop Luar Angkasa James Webb di luar angkasa menunjukkan semua elemen utamanya dikerahkan sepenuhnya.  Sember: NASA GSFC/CIL/Adriana Manrique Gutierrez.
Konsepsi Teleskop Luar Angkasa James Webb di luar angkasa menunjukkan semua elemen utamanya dikerahkan sepenuhnya. Sember: NASA GSFC/CIL/Adriana Manrique Gutierrez.

Saat ini, teleskop senilai Rp 150an triliun telah mencapai tempat tujuannya di luar angkasa. Titik terang seperti HD 84406 akan menjadi target yang membantu tim Webb mengatur fokus dari gabungan cermin berbentuk sarang lebah. Karena itu, sorotan Webb terhadap bintang itu tidak akan menjadi bahan penelitian oleh para observatorium.