Senin 31 Jan 2022 15:52 WIB

Anies Tetapkan Pemenang Sayembara Prasarana Publik di Kawasan HI

Anies tetapkan rancangan bertajuk Jejak Bangsa di Gerbang Indonesia sebagai pemenang

Red: Gita Amanda
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menetapkan Pemenang Utama Sayembara Prasarana Ruang Publik di Kawasan Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta.
Foto: Sarana Jaya
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menetapkan Pemenang Utama Sayembara Prasarana Ruang Publik di Kawasan Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menetapkan Pemenang Utama Sayembara Prasarana Ruang Publik di Kawasan Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta. Rancangan bertajuk Jejak Bangsa di Gerbang Indonesia karya PT Arkonin terpilih sebagai Pemenang Pertama Sayembara Desain Prasarana Ruang Publik di Kawasan Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta.

Pemenang utama mendapatkan hadiah sebesar Rp 225 juta, sedangkan empat peserta lainnya masing-masing mendapatkan penghargaan senilai Rp 43.750.000.

Baca Juga

"Terima Kasih untuk Perumda Sarana Jaya yang telah berhasil menyelenggarakan sayembara ini dengan sangat baik. Terima kasih juga kepada seluruh peserta yang telah memberikan ide terbaiknya untuk pembangunan dan keindahan DKI Jakarta ini, desain kalian luar biasa, namun kami tidak dapat menetapkan kelima peserta sebagai pemenang. Untuk itu kami ucapkan selamat kepada PT Arkonin yang telah berhasil memenangkan Sayembara HI ini," ujar Gubernur Provinsi DKI Jakarta pada penghujung acara, seperti dalam siaran pers, Senin (31/1/2022).

Anies menambahkan, penjurian akhir memang baru dapat terlaksana, namun semangat membangun Jakarta tidak boleh terputus di satu era Gubernur. Karya yang baik harus dapat dinikmati oleh lintas generasi di ibu kota.

Sayembara Desain Prasarana Ruang Publik di Kawasan Bundaran Hotel Indonesia, dimaksudkan untuk membangun fasilitas prasarana ruang publik di sekeliling Kawasan Bundaran HI serta menghubungkannya ke Kawasan Tanah Abang. Dalam rangka membangun fasilitas tersebut, perlu dibuat rancangan desain yang mempertimbangan sejarah, kualitas visual maupun terbentuknya vista yang terjaga dari segala arah baik pengamatan mata jarak dekat maupun jarak jauh, sehingga dapat memberikan aksentuasi terhadap Monumen Selamat Datang.

Sayembara ini mulai dibuka pada 4 -11 Oktober 2019 dan berhasil mendapatkan 14 karya. Ke-14 karya tersebut kemudian diseleksi hingga tersisa lima karya terbaik. Kelima karya  diseleksi oleh dewan juri yang terdiri oleh Ir. Bambang Eryudhawan, Ir. Sonny Sutanto, Ir. Davy Sukamta dan Anggota TGUPP Pemprov DKI Jakarta Heru Pratama, serta Gubernur Anes sebagai Juri Kehormatan.

Peserta yang berhasil masuk sebagai lima nominasi terbaik saat itu ialah:

1. Studio Lawang & PT Rekatama Konstruksindo yang mengusung tema Bagimu Generasi Depan;

2. PT Arthademo Enginering Consultant, yang mengusung tema Sudirman Mute Park and Hub;

3. PT Jakarta Konsultindo;

4. PT Arkonin, yang mengusung tema Jejak Bangsa di Gerbang Indonesia;

5. PT Penta Rekayasa, yang mengusung tema “Galeri Selamat Datang”

Setelah sempat terhenti akibat Pandemi Covid yang melanda, kelima nominasi akhirnya dapat mempresentasikan karya terbaiknya langsung di hadapan Gubernur Provinsi DKI Jakarta beserta jajarannya. Dan PT Arkonin pun ditetapkan sebagai pemenangnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement