Rabu 02 Feb 2022 15:39 WIB

Binary Option adalah Investasi Para Sultan, Benarkah?

Binary option adalah investasi kekinian yang paling cepat bikin kita jadi sultan, benarkah? Demikian kira-kira salah satu pertanyaan paling kontroversial yang mendominasi diskusi pasar di berbagai ulasan dan forum online saat ini.

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Partner
.
Foto: network /Mutia Ramadhani
.

Binary option adalah investasi agar cepat kaya, benarkah?
Binary option adalah investasi agar cepat kaya, benarkah?

Binary option adalah investasi kekinian yang paling cepat bikin kita jadi sultan, benarkah? Demikian kira-kira salah satu pertanyaan paling kontroversial yang mendominasi diskusi pasar di berbagai ulasan dan forum online saat ini.

Ketika kita melihat fakta bahwa orang-orang sukses, seperti George Soros dan Warren Buffet, atau Doni Salmanan dan Indra Kenz kaya raya karena menginvestasikan nyaris seluruh hartanya di instrumen keuangan, maka jawaban untuk pertanyaan di atas adalah "ya," tetapi ada tanda serunya nih.

Tanda seru di sini sebagai peringatan substansial untuk kita semua. Meski di atas kertas nama-nama di atas menjadi jutawan atau miliuner karena binary option, tetapi kondisi praktis mereka adalah sesuatu yang sulit dicapai kebanyakan trader.

Membangun kekayaan dari binary option adalah sesuatu yang mungkin, tetapi tidak instan. Kita butuh waktu, kesabaran, dan perencanaan terstruktur, mungkin beberapa tahun untuk bisa menjadi the next Doni Salmanan. Semua investasi dan strategi yang diterapkan untuk menjadi trader sukses membutuhkan racikan tersendiri.

Kalau kita melihat angka-angka di spreadsheet excel yang dibuat sedemikia rupa, tentu saja mustahil. Kita harus menyesuaikan modal awal, menyusun kerangka waktu, persentase pengembalian hasil per bulan, dan sebagainya. Semua menuntut kesabaran dan kedisiplinan.

Kadang kesannya angka-angka tersebut bisa dicapai, tetapi faktanya banyak trader gagal. Mengapa demikian? Salah satu jawabannya karena banyak trader tidak memperhitungkan dan mau mengurangi risiko.

Mereka terlalu berambisi melakukan home run, mencari imbas hasil harian dalam jumlah besar. Godaan 'panen' dalam waktu singkat ini lambat laun menjatuhkan mereka ke lubang kebangkrutan.

Binary option adalah investasi yang menawarkan risiko pasti dan hasil yang jelas. Instrumen satu ini disebut binary atau biner karena hanya ada dua kemungkinan yang dihasilkan trader, yaitu trader untung sesuai dengan angka yang dipertaruhkan di awal, atau trader kehilangan uang yang dia keluarkan saat membuka perdagangan.

Mirip seperti judi online ya? Begitulah sebagian orang menyebutnya kini. Makanya otoritas kita di Indonesia belum melegalkan instrumen investasi satu ini.

Trader tahu persis berapa banyak uangnya akan hilang jika pasar tidak bekerja sesuai perkiraan, atau berapa banyak potensi keuntungan yang dia peroleh jika semua hitung-hitungan terkendali.

Bagaimana cara kerja binary option?

Secara singkat bisa saya jelaskan, praktiknya kita atau pengguna harus menebak harga sebuah underlying asset yang akan keluar dalam waktu yang ditentukan. Kita seperti mengira-ngira, apakah pasar ini akan berada di atas harga segini saat ini? Jika ya, kita beli, dan jika menurut kita tidak, kita jual.

Saya contohkan dalam perdagangan sederhana ya.

Harga Rupiah hari ini adalah Rp 14.500 per dolar AS. Batas waktu perdagangan sampai pukul 15.00 WIB.

Sederhananya, binary option akan bertanya pada kita, apakah 1 dolar AS akan lebih tinggi dari Rp 14.500 di penutupan perdagangan nanti?

Kalau kita menebak ya, maka kita akan membeli. Kalau kita menebak tidak, berarti kita jual.

Dalam hal ini, katakanlah kita membeli. Dengan demikian ada dua kemungkinan hasil.

Pertama, harga Rupiah terhadap dolar AS ternyata turun sedikit di bawah Rp 14.500 pada penutupan perdagangan jam tiga sore. Artinya, kita sebagai pembeli kehilangan modal yang kita keluarkan untuk pembelian di awal. Penjual yang mendapatkan untungnya.

Kedua, harga Rupiah terhadap dolar AS ternyata sedikit lebih tinggi dari Rp 14.500. Artinya kita untung dan mendapatkan bayaran.

Ada lagi pilihan di tengah, jika kita tak ingin menunggu sampai penutupan perdagangan jam tiga sore misalnya, kita bisa memilih opsi menutup atau closing posisi kita pada saat ini. Keuntungan dan kerugiannya dihitung dari perbedaan harga masuk dan harga yang berlaku saat kita closing sebelum jam tiga sore tadi.

Binary option berisiko tinggi atau high risk karena kalau tebakan kita salah, seluruh modal yang kita pertaruhkan di awal akan hilang. Aset yang diperdagangkan beragam, mulai dari indeks saham, uang kripto, valas, komoditas, dan sebagainya.

Binary option adalah proses sederhana, tetapi yang bisa memenangkannya hanya mereka yang memahami seluk beluk pasar, membaca peluang, dan memilih perdagangan yang tepat. Kalau tidak siap, tidak usah ikut-ikutan latah. Lebih baik investasikan uang kita pada instrumen berizin yang telah dilindungi otoritas negara kita.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement