Rabu 02 Feb 2022 19:28 WIB

Jalan Kabupaten di Sukabumi Tertutup Material Tertutup Longsor

Kondisi tebing masih bergerak dan berpotensk akan terjadi longsor susulan.

Rep: Riga Nurul Iman / Red: Agus Yulianto
BPBD Kabupaten Sukabumi melakukan penanganan longsor yang menutup jalan. (Ilustrasi)
Foto: dok. BPBD Kabupaten Sukabumi
BPBD Kabupaten Sukabumi melakukan penanganan longsor yang menutup jalan. (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI -- Bencana longsor menerjang sebuah tebing di Kampung Cipurut Tanjakan Dahu RT 24 RW 06, Desa Cibuntu, Kecamatan Simpenan, Kabupaten Sukabumi, Rabu (2/2/2022). Dampaknya, material longsor dari tebing tersebut menutup jalan raya di selatan Sukabumi tersebut.

Informasi dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sukabumi menyebutkan, bencana tersebut terjadi pada Rabu sekitar pukul 09.00 WIB. "Longsor tanah kering yang di sebabkan oleh dampak hujan Selasa (1/2/2022) malam hingga menyebabkan tebing jalan setinggi 30 meter dan lebar 6 meter menutupi seluruh bagian jalan," ujar Petugas Penanggulangan Bencana Kecamatan (P2BK) Simpenan, Yayan Bahtiar, Rabu.

Sehingga, untuk sementara kondisi tebing masih bergerak dan berpotensk akan terjadi longsor susulan. Akibatnya kondisi lalu lintas tertutup total dan untuk sementara akses jalan di upayakan bisa di lalui pejalan kaki dan kendaraan roda dua.

Di sisi lain, lanjut dia, aspal jalan sebagian mengalami peretakan. Di mana status jalan tersebut merupakan kabupaten dan jadi kewenangan Pemkab Sukabumi.

Yayan menerangkan, untuk mengevakuadi material longsor ini, dibutuhkan alat berat atau beko agar jalan tersebut bisa segera dibuka kembali.

Sebelumnya, sebanyak enam titik yang tersebar di sejumlah kecamatan dilanda angin kencang pada Senin (31/1/2022). Dampaknya belasan unit rumah warga dan ruangan kelas sekolah mengalami kerusakan.

 

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement