Sunday, 9 Muharram 1444 / 07 August 2022

Sunday, 9 Muharram 1444 / 07 August 2022

9 Muharram 1444
  • JELANG HUT BHAYANGKARA KE-76,< POLRI MENGADAKAN LOMBA MENEMBAK PATI TNI-POLRI BERSAMA INSAN PERS 10-11 JUNI 2022 DI BRIMOB KELAPA DUA

Gubernur Wahidin Sebut Provinsi Banten Siap Jadi Tuan Rumah PON

Rabu 02 Feb 2022 23:18 WIB

Rep: Antara/ Red: Erik Purnama Putra

Gubernur Banten Wahidin Halim.

Gubernur Banten Wahidin Halim.

Foto: Dok Pemprov Banten
Pembangunan Banten International Stadium memasuki tahap penyelesaian akhir.

REPUBLIKA.CO.ID, SERANG -- Gubernur Banten Wahidin Halim (WH) menegaskan, Provinsi Banten siap menjadi tuan rumah Pekan Olahraga Nasional (PON) seiring dengan pembangunan Banten International Stadium (BIS) yang saat ini memasuki tahap akhir. Saat ini, kata dia, BIS masih dalam tahap penyelesaian akhir dan nanti setelah diresmikan bisa digunakan.

"Pemprov Banten dalam waktu dekat akan meresmikan Banten International Stadium (BIS) yang direncanakan akan diresmikan pada tanggal 26 Maret 2022 nanti," kata Wahidin saat menghadiri pengukuhan dan pelantikan pengurus KONI Provinsi Banten periode 2021-2025 di Gedung Negara Provinsi Banten, Jalan Brigjen KH Sam'un Nomor 5, Kota Serang, Rabu (2/2/2022).

Baca Juga

"Berdiri di atas lahan seluas 62 hektare, BIS itu akan banyak fasilitas penunjang olahraga lainnya yang bisa digunakan oleh para atlet dari berbagai macam cabang olahraga untuk melakukan latihan rutin," kata Wahidin melanjutkan.

Wahidin mengatakan, BIS sudah berstandar FIFA sehingga berbagai fasilitas yang ada sudah sangat lengkap. "Bahkan jika diizinkan, mungkin Provinsi Banten secara infrastruktur sudah lebih siap menjadi tuan rumah PON," katanya.

Wahidin menekankan kepada kepengurusan KONI Provinsi Banten yang baru dilantik beserta KONI kabupaten/kota agar ikut mendukung Program Desain Besar Olahraga Nasional (DBON) yang dicanangkan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) beberapa waktu lalu. "Dalam Desain Besar Olahraga Nasional itu, peran KONI sangat penting dalam proses pembinaan atlet, terutama atlet pada cabang olahraga yang diunggulkan yang harus dikedepankan."

Wahidin juga mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih atas kinerja kepengurusan KONI Banten di bawah kepemimpinan Rumiah Kartoredjo yang telah membawa olahraga Banten ke peringkat 13 pada PON ke-XIX di Jawa Barat tahun 2016. Menurut dia, prestasi itu tidak didapat dengan mudah, melainkan dengan penuh perjuangan, keseriusan dan persiapan matang yang dilakukan oleh Pengurus KONI Provinsi Banten.

Terlebih, sebelumnya Provinsi Banten berada pada peringkat 21. "Ini sebuah loncatan yang luar biasa yang dilakukan oleh kepengurusan KONI Provinsi Banten. Dan ke depan, saya meminta kepada pengurus KONI yang baru agar bisa lebih meningkatkan lagi prestasi olahraganya," kata Wahidin.

Ketua Umum KONI Pusat Letjen (Purn) Marciano Norman memgatakan, pihaknya berharap kepengurusan KONI Provinsi Banten yang baru ini agar mendukung DBON yang dicita-citakan Presiden Jokowi bisa tercapai, yakni menjadikan olahraga Indonesia peringkat lima besar pada tahun 2045. "Hal itu dalam rangka menyongsong generasi emas di usia 100 tahun Indonesia," kata Marciano.

Baca juga : Pengamat Pertanyakan Ketidakkonsistenan Pemerintah Terkait Kerumunan

Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

f
 

BERITA LAINNYA

 
hide ads show ads
desktop mobile