Jumat 04 Feb 2022 06:00 WIB

Tips Tidur Nyaman Saat Kena Covid-19

Saat kena Covid-19, tak jarang orang sulit tidur akibat gejala penyakitnya.

Rep: Puti Almas/ Red: Reiny Dwinanda
Susah tidur (Ilustrasi). Sejak pandemi melanda, banyak orang yang mengalami susah tidur, apalagi mereka yang sedang berjuang sembuh dari Covid-19.
Foto: Republika/Wihdan
Susah tidur (Ilustrasi). Sejak pandemi melanda, banyak orang yang mengalami susah tidur, apalagi mereka yang sedang berjuang sembuh dari Covid-19.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Saat sakit, orang bisa mengalami kesulitan tidur. Tidak terkecuali saat terinfeksi SARS-CoV-2, virus penyebab Covid-19, di mana sejumlah gejala yang dialami dapat berupa tenggorokan sakit, demam, hingga batuk dan pegal-pegal.

Dilansir Huff Post pada Kamis (3/2/2022), ada tips yang bisa dicoba untuk mengatasi kesulitan tidur saat mengalami Covid-19. Lucy McBride, dokter penyakit dalam di Ibu Kota Washington, Amerika Serikat (AS) mengatakan bahwa cobalah untuk mandi dengan air hangat sebelum tidur.

Baca Juga

Siapkan air yang cukup hangat untuk menghasilkan uap. Ini adalah cara yang bagus untuk mengurangi rasa tidak nyaman di tubuh saat sakit.

Selain itu, McBride mengingatkan untuk tidak lupa mengonsumsi obat pengurang gejala. Saat batuk, obat yang dijual bebas penurun demam, seperti ibuprofen atau acetaminophen, dapat digunakan. Obat bebas itu tidak akan mengganggu obat lain yang juga diresepkan.

Namun, Sonya Merrill, dokter di Texas Health Presbyterian Hospital Dallas mengingatkan untuk berhati-hati menggunakan dekongestan di malam hari. Hal itu, karena ini mengandung bahan-bahan yang memiliki sifat stimulan dan dapat membuat seseorang tetap terjaga di malam hari.

Merrill merekomendasikan tidur dengan kepala dan leher ditinggikan. Langkah ini dapat meningkatkan pernapasan dan mengurangi pengumpulan lendir di bagian belakang tenggorokan.

Selain itu, Merrill menyarankan minum air untuk membantu mengencerkan lendir. Terbentuknya lendir merupakan produk sampingan dari infeksi yang dapat menyebabkan masalah berkurangnya istirahat gara-gara hidung tersumbat.

Jika Anda mengalami muntah atau mual, sangat penting untuk tetap terhidrasi. Anda dapat mencoba minum air kelapa atau minuman yang mengandung elektrolit. Selain itu, jahe juga dapat dicoba untuk membantu mengatasi mual.

"Minuman elektrolit komersial seperti Pedialyte juga boleh saja diasup, tetapi itu mengandung lebih banyak gula. Jahe dapat sangat membantu mengatasi mual," ujar Heather Moday, seorang ahli imunologi dan penulis The Immunotype Breakthrough.

Moday juga menyarankan untuk mencoba minum teh madu dan lemon. Minuman ini bisa membantu tidur lebih nyenyak saat sakit.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement