Kamis 03 Feb 2022 22:30 WIB

Selandia Baru akan Longgarkan Kontrol Perbatasan secara Bertahap

Selandia Baru memiliki beberapa kontrol perbatasan terketat di dunia

Red: Esthi Maharani
Perdana Menteri Selandia Baru Jacinda Ardern
Foto: AP/Sam James
Perdana Menteri Selandia Baru Jacinda Ardern

REPUBLIKA.CO.ID, WELLINGTON -- Warga Selandia Baru yang sudah vaksinasi dan berada di Australia dapat melakukan perjalanan pulang bebas karantina mulai 27 Februari sementara warga di seluruh dunia akan dapat melakukannya dua pekan kemudian, kata Perdana Menteri Jacinda Ardern, Kamis (3/2/2022).

Dia juga mengumumkan pembukaan kembali perbatasan secara bertahap. Pengunjung beransel dan beberapa pekerja terampil yang sudah vaksinasi akan diizinkan masuk Selandia Baru mulai 13 Maret, dan negara itu akan mengizinkan hingga 5.000 siswa internasional untuk masuk mulai 12 April.

Baca Juga

"Sementara wisatawan harus mengisolasi diri di rumah selama 10 hari alih-alih tinggal di fasilitas isolasi negara," kata Ardern.

Para turis dari Australia dan negara bebas visa lainnya, bagaimanapun, tidak akan diizinkan masuk hingga Juli dan pelancong dari seluruh dunia akan dilarang masuk hingga Oktober berdasarkan rencana tersebut.

"Membuka kembali dengan cara yang terkelola ini menyeimbangkan arus masuk pelancong sehingga orang dapat bersatu kembali dan mengisi kekurangan tenaga kerja kami, sambil memastikan pula sistem perawatan kesehatan kami dapat mengelola peningkatan kasus," kata Ardern dalam pidatonya di Auckland.

"Strategi kami dengan Omicron adalah memperlambat penyebaran, dan perbatasan kami adalah bagian dari itu," tambahnya

Selandia Baru memiliki beberapa kontrol perbatasan terketat di dunia selama dua tahun terakhir, ketika pemerintah berusaha mencegah virus corona. Orang asing dilarang masuk, dan warga yang ingin kembali harus mengajukan permintaan darurat kepada pemerintah atau memastikan mendapat tempat di fasilitas karantina negara yang disebut MIQ.

Kebijakan-kebijakan itu sebagian besar berhasil. Sebagai negara berpenduduk lima juta orang, Selandia Baru sejauh ini mengalami sekitar 17.000 kasus Covid-19 yang dikonfirmasi dan hanya 53 kematian.

Ardern mengatakan para turis Australia dan pelancong dari negara bebas visa lainnya dapat melakukan perjalanan ke Selandia Baru lagi pada Juli. Pada bulan Oktober, pemrosesan visa normal akan dilanjutkan dan semua pengunjung dan pelajar lain yang memerlukan visa dapat masuk.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement