Jumat 04 Feb 2022 09:58 WIB

Efek Kehadiran Ronaldo dan Messi, Pengikut Medsos PSG Serta MU Naik

Pengikut Cristiano Ronaldo di media sosial lebih tinggi dari Lionel Messi.

Rep: Anggoro Pramudya/ Red: Israr Itah
 Lionel Messi (kiri) dan Cristiano Ronaldo.
Foto: EPA-EFE/VALERIANO DI DOMENICO
Lionel Messi (kiri) dan Cristiano Ronaldo.

REPUBLIKA.CO.ID, MANCHESTER --  Federasi Sepak Bola Eropa (UEFA) memasukkan media sosial dalam laporan analisis tahunan mereka. Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi memiliki lebih banyak pengikut di media sosial daripada klub tempat mereka bermain Manchester United (MU) dan Paris Saint-Germain (PSG).

Seperti dilansir dari Marca, Jumat (4/2), CR7 memiliki sekitar 593 juta pengikut di akun pribadinya, dengan pemain asal Argentina Messi memiliki total 375 juta pengikut. Follower atau pun pengikut Messi turun karena dia tidak memiliki akun resmi Twitter. Sedangkan dua angka di atas merupakan perbandingan dari akun Instagram kedua superstar.

Baca Juga

Temuan ini datang dari UEFA, yang memasukkan media sosial ke dalam laporan benchmark sepak bola tahunan mereka. Ronaldo dan Messi memimpin dalam konteks junlah orang di belahan dunia yang mengikuti dua pesepak bola terbesar saat ini. MU memiliki total pengikut 169 juta, yang jauh di bawah Ronaldo. Di sisi lain, PSG memiliki lebih sedikit pengikut daripada MU dengan total 133 juta, kurang dari setengah pengikut La Pulga.

Sedangkan untuk persoalan klub yang memimpin jumlah pengikut terbanyak adalah Real Madrid. Los Merengues saat ini adalah klub yang paling banyak diikuti di dunia sepak bola, dengan total 251,5 juta pengikut.

Barcelona duduk di urutan kedua dengan 248 juta pengikut, menunjukkan kesenjangan yang jelas antara dua raksasa Spanyol, Manchester United, serta PSG.

Penandatanganan musim panas melihat media sosial melambung. Selain menjadi tokoh paling populer di media sosial, Ronaldo dan Messi juga menjadi sasaran transfer kelas atas pada musim panas 2021 lalu.

Ronaldo kembali ke Manchester United dari Juventus, sementara Messi mengejutkan dunia dengan kepindahannya dari Barcelona ke PSG.

Langkah Messi ke klub Paris, Prancis mengalami peningkatan 13 persen pengikut media sosial PSG dari 110,5 juta menjadi 115,7 juta pada hari pengumumannya. Ada 22 juta like dalam unggahan kedatangan Messi ke PSG.

Ini sedikit lebih banyak dari penyerapan 3 persen Ronaldo setelah dia memiliki pengikut media sosial Manchester United dari 161,1 juta menjadi 163,2 juta ketika dia diumumkan oleh klub. Ada 19 juta like dalam postingan MU soal kedatangan Ronaldo.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement