Jumat 04 Feb 2022 16:22 WIB

Arab Saudi Luncurkan Proyek Bus, Angkut Hingga Enam Juta Penumpang

Bus akan menghubungkan lebih dari 200 kota dan provinsi di Kerajaan.

Rep: Mabruroh/ Red: Ani Nursalikah
Bus di Arab Saudi. Arab Saudi Luncurkan Proyek Bus, Angkut Hingga Enam Juta Penumpang
Foto: Republika/Ani Nursalikah
Bus di Arab Saudi. Arab Saudi Luncurkan Proyek Bus, Angkut Hingga Enam Juta Penumpang

REPUBLIKA.CO.ID, RIYADH -- Otoritas Transportasi Umum (TGA) di Arab Saudi telah membuka peluang investasi dalam menyediakan layanan transportasi penumpang yang dapat mengangkut hingga enam juta orang. Bus tersebut akan menghubungkan lebih dari 200 kota dan provinsi di Kerajaan.

“Jaringan tersebut diproyeksikan untuk mengangkut enam juta penumpang setiap tahun di seluruh Kerajaan,” kata TGA dalam sebuah tweet, dilansir dari Al Arabiya, Jumat (4/2/2022).

Baca Juga

Melalui proyek ini, TGA berujar, akan ada lebih dari 300 halte bus yang disediakan di 76 rute yang melalui 200 kota dan provinsi. Rute tersebut akan dilayani oleh hampir 560 bus melintasi lebih dari 150 juta kilometer setiap tahun.

TGA mengeluarkan tender untuk menyediakan layanan bus untuk proyek tersebut. Tender akan meningkatkan persaingan di sektor ini dan memberikan peluang yang menarik bagi investor sektor swasta.

Hal ini juga akan meningkatkan kualitas layanan dan memberikan layanan yang kompetitif antar operator. Dalam proyek waralaba angkutan bus antarkota, TGA berupaya mengkaji kelayakan peningkatan pasar angkutan bus domestik.

Sebelumnya pada Selasa lalu, untuk mengembangkan dan meningkatkan pengalaman pengunjung, Presiden Otoritas Transportasi Umum Rumaih bin Muhammad al-Rumaih dan CEO Otoritas Pariwisata Saudi Fahd bin Hamid al-Din menandatangani nota kesepahaman. Perjanjian antara kedua otoritas, terkait penyediaan layanan transportasi kepada pengunjung Kerajaan dan peningkatan bidang kerja sama di antara mereka.

https://english.alarabiya.net/News/gulf/2022/02/03/Saudi-Transport-Authority-unveils-project-to-link-200-cities-ferry-6-mln-passengers

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement