Jumat 04 Feb 2022 21:58 WIB

Menakar Kekuatan City, Liverpool dan Chelsea Usai Bursa Transfer Januari

Guardiola tetap menggunakan pemain-pemain yang sudah ada.

Rep: Rahmat Fajar/ Red: Muhammad Akbar
Kevin De Bruyne (C-L) dari Manchester City mencetak gol penyeimbang 2-2 melawan kiper Liverpool Alisson (belakang C) selama pertandingan sepak bola Liga Premier Inggris antara Liverpool FC dan Manchester City di Liverpool, Inggris, 03 Oktober 2021.
Foto: EPA-EFE/ANDREW YATES
Kevin De Bruyne (C-L) dari Manchester City mencetak gol penyeimbang 2-2 melawan kiper Liverpool Alisson (belakang C) selama pertandingan sepak bola Liga Premier Inggris antara Liverpool FC dan Manchester City di Liverpool, Inggris, 03 Oktober 2021.

REPUBLIKA.CO.ID, MANCHESTER--Bursa transfer Januari telah berakhir. Tak banyak pergerakan yang dilakukan oleh tiga klub teratas Liga Inggris yakni Manchester City, Liverpool dan Chelsea berbeda-beda.

City sebagai pemuncak klasemen sementara mendatangkan satu pemain yakni Julian Alvarez dari River Plate. Pemain 22 tahun tersebut diincar oleh banyak klub Eropa karena sedang naik daun di Argentina.

Ia mencetak 24 gol dan 15 assist dalam 46 pertandingan di semua kompetisi musim ini. Kendati demikian, City akan tetap dengan skuad yang ada sebelumnya karena hingga sisa musim, Alvarez akan tetap membela River Plate.

Alvarez akan datang ke Etihad pada awal musim 2022/2023. City mengeluarkan biaya 14 juta Poundsterling untuk mendapatkan tanda tangan sang pemain. Ia bisa menjadi proyek jangka panjang City sekaligus calon legenda City lainnya dari Argentina sebelumnya yakni Sergio Aguero dan Carlos Tevez.

“Julian adalah pemain yang telah kami pantau selama beberapa waktu. Dia mampu beroperasi di sejumlah peran menyerang dan kami sangat yakin dia salah satu pemain penyerang muda terbaik di Amerika Selatan,” kata Direktur Sepakbola Manchester City, Txiki Begiristain, dikutip dari laman resmi klub.

Dengan Alvarez yang tak akan langsung bergabung dengan City, permainan tim asuhan Pep Guardiola diperkirakan tak akan banyak mengalami perubahan. Pasalnya, Guardiola tetap menggunakan pemain-pemain yang sudah ada. Mereka justru menjual salah satu pemain pentingnya yakni Ferran Torres ke Barcelona.

Kendati demikian, City diprediksi akan sulit digusur dari puncak klasemen seiring dengan performanya yang stabil. The Citizen unggul Sembilan poin atas Liverpool di peringkat kedua dan sepuluh poin dari Chelsea di urutan ketiga. City telah bermain 23 pertandingan dengan catata dua kali kalah, tiga seri dan 18 kali meraih kemenangan.

Pesaing City dalam perburuan gelar Liga Inggris musim ini, Liverpool pun tak hanya mendapatkan satu pemain. Ia adalah Luis Diaz dari Porto. The Reds dikabarkan mengeluarkan biaya sekitar 45 juta euro untuk Luis Diaz. Kedatangan penyerang baru ini mungkin akan sedikit membuat wajah linin serang Liverpool berbeda pasca bursa transfer Januari.

Sebab sang pemain bisa dipakai di sisa musim ini. Hal tersebut jelas berbeda dengan City dimana rekrutan anyarnya baru akan digunakan musim depan. Sehingga Liverpool punya kesempatan menempel ketat City di puncak klasemen.

Legenda Liverpool Ian Rush menilai kedatangan Luis Diaz akan menciptakan persaingan besar-besar di skuad Liverpool. Ia menegaskan ini adalah rekrutan yang luar biasa dilakukan oleh The Reds.

Liverpool sejauh ini masih ada dalam jangkauan untuk mengejar City. Luis Diaz dapat menambah opsi lini serang bagi Jurgen Klopp. Sejauh ini, Klopp mengandalkan Diogo Jota, Mohamed Salah, Sadio Mane dan Roberto Firmino.

Sedangkan Chelsea tak mendatangkan satu pemainpun di bursa transfer Januari. Padahal ia membutuhkan pemain baru untuk bersaing dalam perburuan gelar hingga akhir musim dengan City dan Liverpool. Atau mungkin The Blues sudah yakin dengan kekuatan timnya saat ini.

Tanpa pemain baru di Januari, kekuatan Chelsea jelas tak akan berubah. Ini hanya membutuhkan bagaimana pelatih Thomas Tuchel meracik timnya agar bisa tampil stabil di jalur kemenangan di sisa musim ini sekaligus terus memberikan tekanan kepada dua rivalnya di papan atas klasemen.

Chelsea mungkin akan jor-joran pada musim panas. Dikutip dari teamtalk, Chelsea dilaporkan akan mendatangkan Ousmane Dembele dari Barcelona. Masa depan sang pemain sedang tak pasti menyusul kedatangan Ferran Torres, Adama Traoure dan Pierre-Emerick Aubameyang.

Klasemen Premier League Musim 2024
Pos Team Main Menang Seri Kalah Gol -/+ Poin
1 Liverpool Liverpool 6 5 0 1 12 10 15
2 Manchester City Manchester City 6 4 2 0 14 8 14
3 Arsenal Arsenal 6 4 2 0 12 7 14
4 Chelsea Chelsea 6 4 1 1 15 8 13
5 Aston Villa Aston Villa 6 4 1 1 12 3 13
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement