Jumat 04 Feb 2022 23:49 WIB

Pasien COVID-19 di Palangka Raya Bertambah Tujuh Jadi 55 Orang

Akumulasi warga yang terjangkit COVID-19 sampai hari ini ada 55 orang

Red: Ichsan Emrald Alamsyah

REPUBLIKA.CO.ID, PALANGKA RAYA -- Pasien COVID-19 di Kota Palangka Raya, Provinsi Kalimantan Tengah kembali bertambah sebanyak tujuh orang sehingga jumlah warga setempat yang positif terjangkit virus itu mencapai 55 orang.

"Data hari ini menunjukkan terjadi penambahan tujuh orang positif. Maka akumulasi warga yang terjangkit COVID-19 sampai hari ini ada 55 orang," kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Palangka Raya Andjar Hari Purnomo di Palangka Raya, Jumat.

Untuk itu, pria yang juga tergabung di Tim Satgas Penanganan COVID-19 "Kota Cantik" itu meminta masyarakat setempat tetap menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

Berdasar data Satgas Penanganan COVID-19 Kota Palangka Raya, di daerah setempat tercatat, sejak kasus pertama ditemukan awal 2021 lalu, akumulasi pasien positif terjangkit virus corona mencapai 13.187 kasus.

Dari jumlah itu, sebanyak 12.612 atau 95,64 persen pasien dinyatakan sembuh dan 520 lainnya meninggal dunia.Dia mengatakan, temuan kasus positif COVID-19 tersebut juga bentuk keseriusan pemerintah kota dalam melakukan penelusuran kontak erat antara masyarakat dengan pasien positif.

Sebagai upaya pemutusan rantai penyebaran COVID-19, Pemerintah Kota Palangka Raya, melalui tim gugus tugas terus melakukan berbagai upaya mulai dari sosialisasi, deteksi dini, pengamanan hingga penanganan kasus. Pihaknya pun akan menegakkan peraturan penerapan protokol kesehatan secara tegas. 

Setiap pihak yang terbukti melakukan pelanggaran akan dikenakan sanksi sesuai aturan yang berlaku.Andjar juga mengajak masyarakat di wilayah Ibu Kota Provinsi Kalimantan Tengah tidak lengah menerapkan protokol kesehatan seperti menjaga jarak, tidak berkerumun, rajin mencuci tangan menggunakan sabun atau "hand sanitizer" dan selalu menggunakan masker.

Dia pun berharap "zero" pasien COVID-19 yang beberapa waktu lalu terjadi di wilayah Kota Palangka Raya kembali tercapai.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement