Sabtu 05 Feb 2022 14:30 WIB

Buya Anwar Abbas: Museum Holocaust Tak Berguna dan Tak Berarti

Apakah museum holocaust berani menyimpan kekejaman Israel hari ini?

Rep: Muhammad Subarkah/ Red: Partner
.
Foto: network /Muhammad Subarkah
.

Kaum Yahudi di Eropa hidup dalam kamp konsentrasi Jerman dan akan dimusnahkan oleh penganut Ideologi Nazi. (foto: History Extra)
Kaum Yahudi di Eropa hidup dalam kamp konsentrasi Jerman dan akan dimusnahkan oleh penganut Ideologi Nazi. (foto: History Extra)

Apa urgensi dan tujuan dari museum holocaust tersebut didirikan ? Tentu untuk mengingatkan dan menyadarkan kita semua warga dunia tentang kekejaman yang pernah dibuat oleh manusia terhadap sesamanya terutama terhadap bangsa Yahudi di Eropa dan atau di Jerman sana.

Lalu timbul pertanyaan apakah dengan membuat museum holocaust tersebut akan bisa membuat manusia untuk mengambil pelajaran dan menyadarkan kita semua tentang bahaya kebencian dan tentang apa yang harus kita lakukan ? Semestinya jawabannya ia, terutama untuk menyadarkan mereka yang berasal dari kelompok Yahudi dan israel tersebut karena merekalah salah satu suku bangsa yang benar2 merasakan kepahitan dan menjadi korban dari peristiwa tersebut.

Jadi secara logika dan rasa merekalah semestinya yang paling bersuara keras dan lantang untuk menentang diskriminasi serta tindak pembunuhan oleh satu suku bangsa terhadap suku bangsa lain dan untuk mengingatkan kita warga dunia tentang bahaya kebencian serta permusuhan antara satu suku bangsa terhadap suku bangsa lain.

Juga di samping itu merekalah semestinya yang menjadi negara dan suku bangsa yang paling terdepan untuk mengingatkan masyarakat dunia tentang arti pentingnya kita saling hormat menghormati dan saling harga menghargai. Ini karena merekalah salah satu suku bangsa di dunia ini yang pernah merasakan bagaimana pahit dan buruknya akibat dari tindakan tersebut.