Ahad 06 Feb 2022 16:48 WIB

Dokter: Tidak Merokok dan Rutin Berolahraga Kunci Hindari Penyakit Jantung

Pola hidup sehat perlu dilakukan secara rutin..

Red: Ani Nursalikah
Sejumlah warga berolahraga di pedestrian Kebun Raya Bogor, Kota Bogor, Jawa Barat, Senin (9/8). Dokter: Tidak Merokok dan Rutin Berolahraga Kunci Hindari Penyakit Jantung
Foto: Republika/Putra M. Akbar
Sejumlah warga berolahraga di pedestrian Kebun Raya Bogor, Kota Bogor, Jawa Barat, Senin (9/8). Dokter: Tidak Merokok dan Rutin Berolahraga Kunci Hindari Penyakit Jantung

REPUBLIKA.CO.ID, PURWOKERTO -- Dokter Spesialis Jantung dan Pembuluh Darah Rio Probo Kaneko mengingatkan masyarakat menerapkan pola hidup sehat untuk menghindari penyakit jantung.

"Pola hidup sehat perlu dilakukan secara rutin untuk menghindari penyakit jantung," katanya, Ahad (6/2/2022).

Baca Juga

Dokter yang praktik di RSUD Prof. Dr. Margono Soekarjo Purwokerto itu mengatakan pola hidup sehat yang dimaksud adalah tidak merokok dan melakukan kegiatan olahraga secara rutin minimal 3-5 kali seminggu selama 30-60 menit. Selain itu, menghindari obesitas, menghindari makanan tinggi kolesterol dan garam, meningkatkan makanan tinggi serat serta mengelola kondisi stres dan emosional.

Masyarakat juga perlu melakukan pemeriksaan sesegera mungkin ke dokter atau fasilitas kesehatan jika mengalami gejala-gejala penyakit jantung. "Misalkan gejala seperti nyeri dada, sesak nafas, bengkak pada kedua kaki, detak jantung berdetak tidak normal dan lain sebagainya," katanya.

Dia menambahkan faktor risiko dalam penyakit jantung terbagi menjadi faktor risiko yang tidak dapat dimodifikasi atau diubah, seperti usia, kelainan genetik atau bawaan, dan jenis kelamin. Sementara itu, faktor risiko yang dapat dimodifikasi, antara lain tekanan darah darah tinggi atau hipertensi, kadar kolesterol tinggi atau dislipidemia, penyakit diabetes, obesitas, merokok, jarang olahraga secara rutin, serta kondisi stres dan emosional.

 

sumber : Antara
Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement